Touring ke Daerah, Jajagi Solusi Melalui Pendekatan Teknologi Terapan

Harmoninews.com (Ciamis) – “Mari kita berkomitmen untuk menata dan memperbaiki kembali tatanan yang ada, sehingga kita mempunyai konsep yang sama terhadap Desa. Dimana Desa bukanlah obyek melainkan sebagai subyek dalam pembangunan”.

Demikian dikatakan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam penyampaiannya saat mengunjungi Koramil 1315/Lakbok Kodim 0613/Ciamis, Selasa (18/10/2022).

Kunjungan Pangdam III/Slw bersama pejabat utama Kodam yang juga didampingi oleh masing-masing istri ke Koramil 1315/Lakbok Kodim 0613/Ciamis, merupakan rangkaian Touring ke wilayah. Dimana salah satu rangkaian agendanya adalah berkunjung ke Koramil 1315/Lakbok.

Dikatakan Pangdam bahwa kedatangannya di wilayah, membawa berbagai teknologi terapan yang akan menjadi salah satu alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di desa. Diantaranya yang terkait kebutuhan pokok dasar manusia yang harus terselenggara dan berkelanjutan tidak menjadi potensi-potensi monopoli.

“Kami berkeliling wilayah, dalam rangka mencoba membantu masyarakat melalui pendekatan teknologi biologi, fisika, dan berbagai teknologi terapan lainnya seperti perahu dari semen, mesin tree in one air laut bisa diminum, jadi garam dan jadi es batu secara langsung. Selain itu juga teknologi biologi mikroba Bios 44 DC untuk percepatan ikan tambak dan ikan waduk dari 4 bulan menjadi 2 bulan, begitu juga dengan tanaman padi,” sambung Pangdam.

Pangdam berharap menghadapi tahun politik, tidak ada yang saling menjatuhkan dan saling menghasut.

“Kita jaga keamanan dan ketertiban, utamakan kesejahteraan rakyat, berani jujur apabila ada kesalahan, jangan ada kecurangan. Kita akui daripada mencemooh, menjelekan tapi tidak ada yang diperbuat,” tegas Pangdam.

Terkait kinerja prajuritnya, Pangdam menyampaikan bahwa sekecil apapun yang diperbuat anggota adalah suatu nilai yang luar biasa bagi prajurit tersebut, pasalnya mereka mau mengerjakan.

“Oleh karena itu saya datang ke sini melihat kinerja Danramil dan Babinsa. Bila ada yang berbuat tidak sesuai aturan, maka kami akan mengingatkan kepada pimpinan di internalnya,” pungkas Pangdam.

Dalam kesempatan tersebut, sebagai wujud kepeduliannya terhadap anak-anak SD 1 Kelapa Sawit Kec. Lakbok. Pangdam memberikan bantuan sarana belajar berupa 30 paket alat tulis, yang diberikan secara simbolis kepada 10 orang anak dan bantuan sosial 100 paket sembako kepada warga masyarakat setempat yang diberikan secara simbolis kepada 10 orang. Selain itu Pangdam pun memberika bantuan kepada 2 orang anak penderita Stunting. (Pendam III/Siliwangi).

(M.NUR)

Tuliskan Komentar