TMMD ke 115, Upaya Mengentaskan Kemiskinan Dengan Mempercepat Pembangunan Infrastruktur di Desa

Harmoninews.com (Kab. Bogor) – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 115 TA. 2022 yang mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” hari ini Selasa (11/10/2022) di 4 Kabupaten Jawa Barat dan Banten yang merupakan daerah teritorial jajaran Kodam III/Slw secara serentak resmi dibuka. Acara peresmian pembukaan TMMD dipimpin langsung oleh Bupati masing-masing Kabupaten.

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen membenarkan adanya pembukaan TMMD ke 115 tersebut kepada awak media di Media Center Kodam III/Slw Jl. Aceh No. 69, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/10/2022).

“Kegiatan TMMD ke 115 TA. 2022, tingkat Kodam III/Slw dilaksanakan di wilayah teritorial Kodim 0621/Kab. Bogor Korem 061/SK, Kodim 0612/Tasikmalaya Korem 062/TN, Kodim 0605/Subang Korem 063/SGJ, dan Kodim 0602/Serang Korem 064/MY yang dibuka secara serentak pada hari ini, Selasa (11/10/2022) oleh Bupati atau pejabat yang ditunjuk masing-masing Kabupaten,“ tuturnya.

TMMD dilaksanakan selama 30 hari, mulai tanggal 11 Oktober sampai dengan 9 Nopember 2022. Sebelumnya di masing-masing daerah sasaran TMMD melaksanakan Pra TMMD, dengan harapan bisa tercapai tepat waktu dan tepat sasaran.

Sementara itu, sasaran kegiatan TMMD meliputi sasaran fisik dan non fisik, saran fisik berupa pembangunan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masing – masing wilayah, lain hal kegiatan non fisik akan dilaksanakan kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan bahaya stunting pada anak, protokol kesehatan, posyandu, pengobatan massal, serta KB kesehatan.

Upacara Pembukaan TMMD di Kodim 0621/Kab. Bogor, dilaksanakan di Lapangan Bola Kp. Panunggangan Ds. Banyu Asih Kec. Cigudeg Kab. Bogor. Ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan Berita Acara Serah Terima Program TMMD dari Sekda Kab. Bogor kepada Dandim 0621/Kab. Bogor serta penyerahan secara simbolis alat perlengkapan TMMD oleh Sekda kepada anggota TMMD.

Kapendam menambahkan, Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko, S.Sos., pada pembukaan TMMD ke 115 hadir di Kodim 0602/Serang , yang bertempat di Lapangan Bola Ds. Telaga Luhur Kec. Waringin Kurung Kab. Serang Prov Banten. Kemudian Irdam III/Slw Brigjen TNI Dadang Arif Abdurahman hadir di Kodim 0612/Tasikmalaya bertempat di Lapangan SD/SMP Satap Kp. Kec. Cilumpang Rt. 02/04 Ds. Cikadongdong Kec. Bojong Asih Kab. Tasikmalaya dan Kapok Sahli Brigjen TNI Kuat Budiman, S.I.P., menghadiri pembukaan TMMD ke 115 di Kodim 0605/Subang yang bertempat di Lapangan Sepak Bola Sadar Ds. Jalupang Kec. Kalijati Kab. Subang Prov. Jabar.

Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo yang juga selaku Penanggungjawab Kendali Operasi (PKO) TMMD di hari pembukaan TMMD secara serentak tersebut, meninjau langsung progres pekerjaan peningkatan kualitas jalan yang merupakan salah satu sasaran fisik program TMMD Kodim 0621/Kab. Bogor.

Pekerjaan peningkatan kualitas jalan tersebut menghubungkan Desa Banyuasih Kec. Cigudeg dengan Desa Rabak Kec. Rumpin, memiliki panjang 1.700 meter dan lebar 10 meter yang dalam pengerjaannya dilaksanakan mulai tanggal 01 Oktober 2022, kini progresnya sudah mencapai 53% dan ditargetkan selesai 09 Nopember 2022 mendatang.

Kepada awak media, Pangdam mengatakan, jajaran Kodam III/Slw pasti mendukung proses percepatan program yang ada di pemerintah. TMMD ke 115 tahun 2022 juga merupakan bentuk jawaban dari petunjuk Presiden RI mengenai “Mengentaskan kemiskinan secara masif melalui pembangunan infrastruktur yang ada di Desa”.

“TMMD merupakan Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian/LPNK, Pemda dan komponen masyarakat sebagai upaya mendukung percepatan pembangunan di wilayah,” tegas Pangdam.

Pangdam berharap kepada masyarakat sekitar agar infrastruktur yang sudah terbangun nanti tetap dipelihara, mengoptimalkan pemanfaatannya serta harus bisa menggandeng potensi – potensi wilayah sebagai suatu hal yang baru seperti tempat wisata, pertanian dan perkebunan.

Selepas melakukan peninjauan pembangunan jalan, Pangdam memberikan bantuan sosial berupa paket sembako yang diberikan secara simbolis kepada 10 orang warga masyarakat sekitar, kemudian Pangdam dan rombongan meninjau Situ Nyungcung yang berlokasi di Desa Kampung Sawah, Kec. Rumpin Kab. Bogor. (Pendam III/Siliwangi).

(M.NUR)

Tuliskan Komentar