Berita

Tim Expedisi Maritim Singgah dan Laksanakan Bakti Kesehatan di Keraton Pakunegara Kesultanan Tayan

0
×

Tim Expedisi Maritim Singgah dan Laksanakan Bakti Kesehatan di Keraton Pakunegara Kesultanan Tayan

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (TNI AL, Lantamal XII) – Tim Expedisi Maritim 2023 Route Putih telah sampai Etape 1 di Keraton Pakunegara Kesultanan Tayan dengan melaksanakan Bakti Kesehatan dan disambut langsung oleh Raja Tayan dan Forkopimda Sanggau, Senin (04/09/2023).

Dalam perjalanan menuju Ibukota Negara (IKN), Tim Expedisi Maritim Rute Putih melaksanakan Bakti Kesehatan yang terdiri dari pengobatan umum, pemeriksaan mata, penyuluhan stunting, sunatan masal, pengecekan golongan darah dan pemberian bahan kontak, serta melaksanakan penyuluhan penerimaan prajurit TNI AL.

Dalam sambutannya, Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS mengucapkan terima kasih kepada Raja Tayan dan Forkopimda Sanggau karena telah menyambut Tim Expedisi Maritim dan menjelaskan maksud dari kegiatan Expedisi Maritim ini dilaksanakan.

Raja Tayan XIV Pamembahan Anom Pakunegara Gusti Yusri, S.H., mengucapkan selamat datang di Wilayah Keraton Tayan kepada Tim Expedisi Maritim, hal ini seakan-akan mengenang kembali kejayaan maritim di Kerajaan Tayan dimasa lalu.

“Jejak-jejak masa lalu masih dapat kita lihat, seperti penempatan istana ini persis di areal lalu lalang kapal-kapal yang hilir mudik yang dulu muaranya di wilayah tugu. Setelah berdirinya Kesultanan Pontianak sejak diabad 17, alur perdagangan baru pindah ke Pontianak,” tambah Raja Tayan.

Dapat terlihat adanya meriam-meriam yang masih ada dan sudah diteliti oleh polihak arkeologi yang merupakan peninggalan sejak ratusan tahun yang lalu.

(M.Nur, Dispen Lantamal XII)

Tuliskan Komentar