Berita

Sumber Daya Alam, Bonus Demografi, Potensi Transformasi Digital Menjadi Modal Dasar Menuju Indonesia Emas 2045

11
×

Sumber Daya Alam, Bonus Demografi, Potensi Transformasi Digital Menjadi Modal Dasar Menuju Indonesia Emas 2045

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (PENHUMAS-SESKO TNI) – Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., mewakili Komandan Sesko TNI Marsdya TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr. (Han)., CRHMP., bertindak selaku Irup Upacara Peringatan Ke-116 Hari Kebangkitan Nasional, dengan Komandan Upacara Kabag Laut Pusoyu Sesko TNI Letkol Laut (KH) Wawan Setiawan, A.Md., bertempat di Lapangan Sudirman Sesko TNI, Bandung, Senin (20/5/2024).

Tema ke-116 Hari Kebangkitan Nasional TA 2024 adalah “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, Menteri Komunikasi dan Informastika RI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadan Sesko TNI, beliau menyampaikan bahwa lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang dimasa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini. Boedi Otomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan. Selanjutnya apa yang telah dirintis Boedi Otomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan. Nasionalisme Jawa khas Boedi Otomo diperluas menjadi nasionalisme yang mencakup keseluruhan orang-orang di Hindia Belanda. Pendidikan yang hanya ditujukan pada priayi Jawa diperluas menjadi pendidikan untuk seluruh rakyat Bumiputera. Perjuangan memajukan kebudayaan Jawa diperluas menjadi perjuangan politik mengusir penjajahan Belanda. Perluasan dari cita-cita yang telah ditumbuhkan oleh Boedi Oetomo mencapai titik puncaknya pada proklamasi kemerdekaan.

Selanjutnya Menkoinfo mengatakan juga bahwa kebangkitan ini merupakan kebangkitan kedua, dimana kita melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang dipancangkan para pendiri bangsa. Berbdeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. Kemajuan teknologi telah meghampiri kehidupan sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner.

Diakhir sambutannya, beliau mengatakan juga bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Tingkat penestrasi internet di Indonesia telah mencapai 79,5% dari totoal populasi serta diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada tahun 2030. Kebangkitan kedua merupakan moment terpenting bagi bangsa Indonesia, karena kita harus menatap masa depan dengan penuh optimis, kepercayaan diri dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Di titik inilah seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, potensi transformasi digital menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045.

Kegiatan dihadiri para Pejabat Utama Sesko TNI, para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Sesko TNI.

(M.NUR)

Tuliskan Komentar