Berita

Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang Adakan Penyuluhan kesehatan Deteksi Dini Stunting dan Wasting

1
×

Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang Adakan Penyuluhan kesehatan Deteksi Dini Stunting dan Wasting

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (Tanjungpinang) -Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang adakan penyuluhan kesehatan dengan materi deteksi dini stunting dan wasting, dengan Narasumber Kaur Poli Tumbuh Kembang, dr. Dwi Lestari Avianti, Sp.A, M.Ked.Klin, diikuti oleh perwakilan masing-masing Klinik Pratama dibawah Diskes Lantamal IV dan kader Posyandu Sekar Melati Komplek TNI AL Patiunus, diselenggarakan secara langsung dan virtual terpusat dari ruang Kelas Bangdiklat Rumkital dr. Midiyato Suratani, Jl. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu, (26/10/2022).

Dalam penyampaian materi oleh dokter spesialis anak Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, dr. Dwi Lestari Avianti, Sp.A, M.Ked.Klin, pada intinya Narasumber menjelaskan Stunting adalah gangguan pertumbuhan pada anak dengan ditandai tubuh pendek, dan Wasting merupakan suatu kondisi kekurangan gizi akut dimana BB anak tidak sesuai dengan TB atau nilai Z-score kurang dari -2SD (Standart Deviasi), serta menjelaskan penyebab Stuting dan Wasting adalah kurangnya asupan gizi sebelum, saat dan setelah kehamilan, serta ibu terkena penyakit infeksi dan ditambah lagi dengan kondisi sulitnya akses ke pelayanan kesehatan, sehingga orangtua enggan memeriksakan kondisi kesehatan anaknya.

Selanjutnya Narasumber mengatakan dampak Stunting dan Wasting pada anak dapat memengaruhi kemampuan intelektual anak di masa pertumbuhannya, juga akan sulit belajar, berprestasi, serta mengalami gangguan produktivitas dan kesejahteraan serta rentan terhadap penyakit dikemudian hari, seperti DM, Jantung koroner dan stroke.

Lebih lanjut dijelaskan keadaan beresiko adalah ibu anemia, KEK (Kekurangan Energi Kronis), ibu hipertensi, bayi BBLR (Berat Badan Lahir Rendah, di bawah 2500 g), serta menjelaskan cara pencegahan stunting sebelum, saat dan setelah kehamilan atau melahirkan, dan pencegahan wasting pada anak ditingkat biasa (moderate malnutrition) dan ditingkat akut (severe acute malnutrition).

Diakhir materi yang disampaikan Narasumber menjelaskan cara mencegah Stunting dan Wasting pada Anak adalah dengan memberikan Gizi yang baik sejak dini dan secara rutin melaksanakan pemantauan terhadap tumbuh kembang anak.

Tampak hadir langsung dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kasubbag Bangdiklat, Kapten Laut (K) dr. Rio Tasti Surpa Rahmat Bintan Sp.N, Kaur Rikkes Subbag KUBT, Kapten Laut (K) dr. Fransiskus Seta Prana Kusuma, Sp.BA, Paur Monevzi, Letda Laut (K) Abal Khair A. Said, S.Gz, Bk Lanal Bintan, Letda Laut (K/W) dr. Rahmania, Bk Fasharkan Mentigi, Letda Laut (K) dr. Rafi, Ketua Posyandu Sekar Melati, Ny Kristiana beserta empat orang Kader Posyandu.

Sementara tampak terpantau yang mengikuti kegiatan secara daring yaitu Diskes Lantamal IV, Perwakilan dari BK Mako Lantamal IV, BP Lanal Dabo Singkep, BP Lanal Ranai, BP Lanudal Tanjungpinang, BP Lanal Tarempa.

kegiatan penyuluhan ini sebagai salah satu upaya dalam penurunan Prevalensi Stunting dan Wasting yang merupakan bagian dari Program Nasional yang harus dilaksanakan secara bersama sama dengan dukungan semua pihak dan berkesinambungan, sehingga pemahaman serta pengetahuan yang akan disampaikan kepada masyarakat terhadap kasus stunting dan wasting dapat semakin meningkat. (HUMAS MDT)

(M.NUR)

Tuliskan Komentar