Berita

Rumkital dr. Midiyato Suratani Adakan Training Hak Pasien dan Keluarga

3
×

Rumkital dr. Midiyato Suratani Adakan Training Hak Pasien dan Keluarga

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (TNI Angkatan Laut, Tanjungpinang) –  Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang melaksanakan Training Hak Pasien dan Keluarga (HPK), yang dipimpin oleh Kabag Humas Mayor Laut (K) drg. Ari Onasis, Sp.Pros., selaku Ketua Pokja HPK, dengan narasumber Lettu Laut (K) Arif Wahyudi, A.Md.Kep., kepada 30 personel tenaga kesehatan Rumkital setempat, dilaksanakan di Ruang Kelas Bangdiklat Rumkital dr. Midiyato Suratani, Jl. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang. Rabu (04/01/2023)

Dalam materi yang disampaikan narasumber menjelaskan kebijakan HPK yang telah diatur dalam Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Lebih lanjut narasumber menuturkan, “Pasien dan keluarganya adalah pribadi yang unik dengan sifat, sikap, perilaku yang berbeda-beda, kebutuhan pribadi, agama, keyakinan, dan nilai-nilai pribadi. Rumah sakit membangun kepercayaan dan komunikasi terbuka dengan pasien untuk memahami dan melindungi nilai budaya, psikososial, serta nilai spiritual setiap pasien”.

“Oleh karenanya Hak Pasien dan Keluarga harus didapatkan setiap pasien dan keluarga yang ada di rumah sakit maupun tempat pelayanan kesehatan lainnya yang diberikan oleh tenaga kesehatan”, jelas Lettu Laut (K) Arif Wahyudi, A.Md.Kep

Sementara itu Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr Edwin M. Kamil, Sp.B., menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Hak Pasien dan Keluarga sesuai UU No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit pasal 32 adalah untuk memberikan edukasi kepada petugas agar mampu melakukan identifikasi, melindungi dan mengoptimalkan hak pasien dan memberitahu pasien tentang hak dan kewajibannya.

“Diharapkan hasil pelayanan pada pasien akan meningkat apabila pasien dan keluarga yang tepat atau mereka yang berhak mengambil keputusan diikutsertakan dalam pengambilan keputusan proses dan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan harapan, nilai serta budaya”, pungkas Kolonel Laut (K) dr Edwin M. Kamil, Sp.B.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Bangdiklat Letkol Laut (K) drg. Slamet Sutomo, Sp.Ort., Lettu Laut (K) dr. Andre Yuindartanto Sp.DV., dan para Kepala Ruangan serta perwakilan personel Rumkital dr. Midiyato Suratani. (HUMAS AMD)

(M.NUR)

Tuliskan Komentar