Berita

Prajurit Lanal Lhokseumawe Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P-2

0
×

Prajurit Lanal Lhokseumawe Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P-2

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (TNI AL, Lhokseumawe) – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe melaksanakan Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat P1 dan P2, dibuka oleh Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Andi Susanto, bertempat di Mako Lanal Lhokseumawe, Jalan KKA, Desa Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (24/07/2023).

Kegiatan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P1 dan P2 di Lanal Lhokseumawe berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 24 sampai dengan 25 Juli 2023, dengan Tim Penguji Wadan Kolat Koarmada I Letkol Laut (P) Yoni Nova Kusumawan, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., selaku Wakatim, beserta Tim Kolat Koarmada I.

Dalam sambutannya, Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Andi Susanto, menyampaikan bahwa dalam mewujudkan kesiapsiagaan pangkalan yang sesuai dengan standart kesiapan Pangkalan TNI AL perlu adanya peningkatan kemampuan dan harus dibina serta dikembangkan secara terprogram dan berkesinambungan, salah satunya melalui Gladi Tugas Tempur P1 dan P2. Dengan kita memahami tugas-tugas yang kita kerjakan tentunya segala permasalahan akan dengan mudah kita hadapi. Latihan Glagaspur P1 dan P2 yang dilaksanakan ini merupakan sarana bagi prajurit untuk memelihara dan mengasah serta meningkatkan kemampuan profesionalisme baik perorangan maupun Tim materi Uji Terampil Glagaspur.

Danlanal Lhokseumawe juga memberikan beberapa penekanan kepada personel Lanal Lhokseumawe yang perlu saya sampaikan sehingga dapat dijadikan pedoman dalam kegiatan ini latihan tersebut antara lain,
Marilah kita menjaga kepercayaan yang diberikan ini dengan baik, memiliki rasa penuh tanggung jawab dan bersungguh-sungguh. Laksanakan giat secara profesional sesuai dengan Standart Operasional Procedur (SOP). Utamakan keselamatan, keamanan personel dan materil selama melaksanakan giat.

Adapun materi yang diujikan dalam kegiatan Uji Terampil Glagaspur Tingkat Pangkalan ini meliputi giat P1 yakni Peraturan Militer Dasar (Permildas), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas, Peraturan Penghormatan Militer (PPM).

Selain itu, juga dilaksanakan Uji Keterampilan Perorangan (Bongkar Pasang Senjata, Menembak, dan Renang Militer), dan Uji Keterampilan Kebaharian (Uji Tulis, Semaphore, Isyarat Lampu, Peluit dan Tali Temali).
Sedangkan giat P2 meliputi Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Peran Kebakaran (PEK), Pengendalian Huru Hara (PHH), dan Evakuasi Medis.

(M.Nur, Pen Lanal Lhokseumawe)

Tuliskan Komentar