Harmoninews.com (TNI AL, Lantamal XII) – Prajurit Pos Angkatan Laut (Posal) Paloh yang dipimpin oleh Letda Laut (P) Walno bersama masyarakat mengevakuasi Anak Buah Kapal (ABK) KM. Serasan Market GT 5 yang mengalami mati mesin di Perairan Laut Paloh, Kalimantan Barat, Kamis (20/7/2023).

KM. Serasan Market GT 5 Rabu malam (19/7) berlayar dari Mentibar Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Kalbar dengan muatan sembako dengan tujuan ke Pulau Serasan Kalbar, namun ditengah perjalanan diterjang ombak tinggi dsertai dengan angin kencang sehingga air masuk ke ruang mesin dan menyebabkan mesin tidak dapat beroperasi.

Selanjutnya nakhoda kapal Karjuadi beserta ABK membuang
semua muatan ke laut dan menguras air di ruang mesin agar kapal tidak tenggelam dan menghubungi keagenan di Serasan.

Menerima kabar tersebut, Posal Paloh menerjunkan Tim SAR yang dipimpin oleh Letda Laut (P) Walno bersama masyarakat menuju lokasi kejadian dan berhasil mengevakuasi ABK beserta KM. Serasan Market dengan cara ditarik.

Proses evakuasi berjalan lancar tanpa adanya korban jiwa dan para ABK serta KM Serasan Market selanjutnya dibawa ke Dermaga Laut Merbau Desa Sebubus Kecamatan Paloh Kalbar. Dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa namun pemilik kapal diperkirakan mengalami kerugian ratusan juta rupiah akibat kerusakan kapal.

(M.Nur, Dispen Lantamal XII)

Tuliskan Komentar

Baca Juga  Lagi ! Satgas Pamtas Yonarmed 5/105 Trk Pancagiri Terima Senpi Rakitan Dari Warga Noha
Bagikan:
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com