Berita

Polri Memastikan Keamanan dan Ketertiban saat Penyampaian Pendapat di Muka Umum

12
×

Polri Memastikan Keamanan dan Ketertiban saat Penyampaian Pendapat di Muka Umum

Sebarkan artikel ini

Harmoninews.com (JAKARTA) 30 April 2024 – Polri terus mengambil langkah untuk memastikan keamanan dan ketertiban saat penyampaian pendapat di muka umum. Dalam upaya ini, Polri telah melaksanakan pengamanan intensif pada acara-acara yang melibatkan pengumpulan massa untuk menyampaikan pendapat mereka.

Karobinopsnal baharkam Polri, Brigjen Pol Erwin Kurniawan, menjelaskan bahwa langkah-langkah tersebut diambil untuk melindungi hak setiap individu untuk berpendapat, sambil menjaga agar kegiatan tersebut tidak mengganggu ketertiban umum. ” Polri akan mengamankan segala bentuk penyampaian pendapat di muka umum yang disampaikan oleh sekelompok orang terhadap objek-objek ataupun pihak- pihak yang dirasa oleh mereka wajib mendengar apa yang menjadi aspirasi mereka, pengamanan di dalam menyampaikan pendapat di muka umum itu menjadi tanggung jawab Polri agar berjalan dengan aman tertib dan lancar”.

Di sisi lain, Polri juga memberikan imbauan kepada para peserta agar tetap menjaga sikap yang damai dan tertib selama kegiatan berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya konflik atau kerusuhan yang dapat membahayakan keamanan masyarakat.

“Penting dilakukan karena ini adalah bagian dari tugas Kepolisian dilakukan oleh Binmas untuk memberikan penyuluhan pendekatan kepada masyarakat karena banyak masyarakat yang mungkin tidak mengetahui apa yang melihat dia dan apa yang jadi kewajipan dia pada saat menyampaikan ke mereka itu, yang sehat kita bagi agar mereka mengetahui” Ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Rahmat

Polri juga melakukan negasiator, untuk melakukan perundingan atau negosiasi dengan koordinator lapangan untuk menampung dan menyampaikan aspirasi, Dirsamapta Polda Metro Jaya Kombes Pol Ahmad Zaenudin mengatakan “Negosiator sendiri kita dituntut untuk jadi tiga, sini kami tunjukkan kepada masyarakat supaya itu tadi jadi masyarakat merasa kegiatan ini berjalan aman hadirnya kami bukan untuk bagaimana tetapi untuk menjaga masyarakat supaya penyampaian pendapat ini berjalan dengan aman dan sesuai dengan keinginan oleh masyarakat”

Selain negosiasi, Masih banyak upaya humanis lainnya yang kerap dilakukan oleh Polri menjaga kondusifitas kegiatan penyampaian pendapat di muka umum seperti membagi makanan dan minuman, bershalawat, melafalkan Asmaul Husna, menjaga pelaksanaan sholat serta sholat Bersama.

Dengan adanya pengawalan yang ketat dari Polri, diharapkan penyampaian pendapat di muka umum dapat berlangsung dengan aman dan tertib, sesuai dengan semangat demokrasi yang kita junjung tinggi.

(M.NUR)

Tuliskan Komentar