Berita

PLN UID Jabar Launching Perpustakaan Keliling Motor Listrik (PUSMOLIS) di Indramayu

0
×

PLN UID Jabar Launching Perpustakaan Keliling Motor Listrik (PUSMOLIS) di Indramayu

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (INDRAMAYU) – Minat baca merupakan aspek penting dalam perkembangan literasi dan pendidikan seseorang. Untuk mendukung dan memupuk minat baca, perpustakaan memiliki peran krusial. Keberadaan perpustakaan harus bisa dijangkau oleh anak-anak, bahkan oleh mereka yang tidak tinggal di perkotaan.

Selaras dengan hal tersebut, PT PLN Unit Induk Daerah (UID) Jawa Barat melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) bertajuk “Kampung Literasi” menggulirkan bantuan kepada Perpustakaan S16 pada 07 September 2023.

Kegiatan program berupa bantuan sarana dan Perpustakaan Keliling Motor Listrik (Pusmolis) yang dikolaborasikan bersama Filantra dilaksanakan di Perpustakaan S16.

Berlokasi di Blok Leuwigede Wetan RT/RW 006/003 No. 41, Leuwigede, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Kegiatan seremonial bantuan dihadiri langsung oleh Dinas Perpustakaan Indramayu, PLN UP3 Indramayu, PLN ULP Jatibarang, Pengurus Perpustakaan S-16, Filantra, Duta Baca Indramayu, IPNU IPPNU, dan orang tua serta siswa Perpustakaan S16.

Pulung Ade Susanto, PLH Manager MUP3 Indramayu menyampaikan bahwa program Kampung Literasi PLN UID Jabar ini merupakan lokasi kedua di Jawa Barat, dimana ini termasuk pioneer.

“Kegiatan TJSL ini membuktikan bahwa PLN selain ada program listrik yang hadir ke masyarakat juga kami peduli dengan perkembangan generasi-generasi muda,” ucap Pulung.

Melalui bantuan sarana dan Pusmolis harapannya dapat memberikan akses literasi yang merata kepada semua lapisan masyarakat di Indramayu khususnya, dimana dapat meningkatkan minat baca, terutama di kalangan anak-anak dan remaja.

Sementara itu, Ketua Pengelola Perpustakaan S16, Akhmad Khoeri mengungkapkan dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang terdapat di Perpustakaan S16 dapat menunjang kegiatan literasi di Desa Leuwigede khususnya, umumnya di Kabupaten Indramayu. Karena dalam mengelolah perpustakaan tidak sebatas membaca, namun juga menulis, berhitung, sampai program kelas digital belajar komputer dasar.

“Ini semua untuk mewujudkan masyarakat yang melek literasi, kami juga punya slogan melalui Indonesia membaca menuju Indonesia menulis,” sambung Akhmad.

Akhmad juga mengucapkan banyak terima kasih serta memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PLN UID Jabar dan Filantra telah mempercayakan Perpustakaan S16 sebagai penerima program TJSL Kampung Literasi di Kabupaten Indramayu.

(M.NUR)

Tuliskan Komentar