Berita

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Satgas Yon Arhanud 3/YBY Pos Dama Rangkul Warga Dalam Sebuah Karnaval

0
×

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Satgas Yon Arhanud 3/YBY Pos Dama Rangkul Warga Dalam Sebuah Karnaval

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (Halmahera Utara) – Warga Desa Dama Kecamatan Loloda Kepulauan dan Siswa SMA Negeri 08 Halmahera Utara beserta Satgas Organik Yon Arhanud 3/YBY Pos 1 Dama, laksanakan karnaval kebangsaan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke – 94 tahun 2022, dilaksanakan di desa Dama Kec. Loloda Kepulauan pada Minggu (30/10/2022) kemarin.

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kantor Pendam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Senin (31/10/2022).

 

Lanjut dikatakannya, kegiatan karnaval tersebut dipimpin langsung oleh Danpos 1 Dama Sertu Nur Fatoni. Dalam kesempatan itu ditampilkan kisah perjuangan Jenderal Sudirman, hal ini bertujuan untuk memupuk jiwa patriotisme serta mengingatkan kembali sejarah perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan kepada warga masyarakat, khususnya para generasi muda desa Dama.

Sementara itu di tempat berbeda saat dikonfirmasi via telepon, Dansatgas Organik Yon Arhanud 3/YBY Letkol Arh Achmad Yani mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan Sertu Nur Fatoni selaku Komandan Pos Satgas Dama, dapat mempererat kesatuan dan persatuan bangsa juga meningkatkan kecintaan terhadap tanah air serta menumbuhkan jiwa patriotisme. Generasi muda dapat meneladani kisah perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Generasi Muda sebagai generasi penerus cita – cita para pendahulu, dituntut memiliki jiwa dan mental yang tangguh,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Syarif Abdul Ghani selaku ketua panitia karnaval, menjelaskan bahwa pada peringatan Sumpah Pemuda tahun 2022 tersebut, selain menunjukkan kisah perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman, juga disisipkan tradisi budaya adat yang ada di wilayah Loloda Kepulauan. Dimana seluruh peserta karnaval menggunakan pakaian adat daerah serta menampilkan pertunjukan tarian kolosal adat Loloda.

Syarif berharap kegiatan Ini bisa menjadi momentum untuk memotivasi dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga para pemuda mampu membangun bangsa bersama-sama, dengan prinsip kolaboratif guna menghasilkan sesuatu yang positif.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Lokep Anwar Nasheer, Kades Desa Dama Ayub Kaidati, dan tokoh pemuda Mahirto. (Pendam III/Siliwangi).

(M.NUR)

Tuliskan Komentar