Harmoninews.com (TNI AL, Bandung) – Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., bersama seluruh personel Lanal Bandung melaksanakan acara Tausiyah dan Doa Bersama dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, bertempat di Aula Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8 Kota Bandung, Senin (24/7/2023).

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445H/2923 M dengan tema “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H/2023 M Kita Tingkatkan Taqwa, Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan”.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal Bandung menyampaikan bahwa Satu tahun telah berlalu dalam kalender Kamariah. Kini kita telah beralih dari tahun 1444 H menuju tahun 1445 H. Pada bulam Muharam kali ini, mari kita jadikan sebagai bulan yang dipenuhi amalan salih dan sarana refleksi diri. Muharam bukanlah bulan yang membuat banyak orang celaka jauhkan semua mitos tentang Muharam ke pemahaman yang benar sesuai jalan Islam. Justru Muharam merupakan salah satu bulan Haram seperti halnya Zulkaidah, Zulhijah dan Rajab. Rasulullah SAW dan para sahabatnya sangat menghormati bulan-bulan Haram tersebut. Tidak boleh ada perang dan umat Islam berusaha keras tidak melakukan perbuaratan keji atau pun dosa. Berbagai amalan boleh diperbanyak di bulan Muharam seperti puasa sunah, menuntut ilmu, bersedekah dan sebagainya.

Baca Juga  Simulasi Penanganan Code Red dan Code Blue Tutup Rangkaian Kegiatan Survey Akreditasi Kars di Rumkital Dr. Midiyato Suratani

Pagi ini, kita mencoba mengisi salah satu hari dalam Muharam dengan melakukan kegiatan pengajian. Semoga ilmu yang kita dapatkan melalui acara ini mendapatkan limpahan rahmat dan keberkahan dari Alloh SWT. Tidak ada kesia-siaan yang diperoleh umat Islam dengan menghadiri kegiatan ini. Semoga dengan kita memperingati Tahun Baru Islam ini kita dapat mengambil hikmah untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Peringatan Tahun Baru Islam diharapkan agar umat muslim bisa mengambil pelajaran dari kesalahan yang dilakukan di tahun sebelumnya, mari kita semua untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, dengan senantiasa berupaya melakukan semua kewajiban dan meninggalkan semua larangan. Kegiatan ini

dilaksanakan sebagai implementasi Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut, untuk terus meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan YME Allah Subana Wataala. Selain itu, sebagai prajurit TNI AL harus berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif. Hal tersebut dapat dimaknai seluruh prajurit Lanal Bandung untuk melaksanakan Hijrah, berani keluar dari zona nyaman dengan mengembangkan ide dan inovasi baru yang bermanfaat untuk kemajuan organisasi.

(M.Nur, Pen Lanal Bandung)

Tuliskan Komentar

Bagikan:
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com