Pengamanan Kunker Presiden RI ke Jabar Mutlak Tanggungjawab Pangdam III/Slw Selaku Pangkogasgabpad

Harmoninews.com (Kab. Bogor) – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., selaku Pangkogasgabpad menyambut sekaligus memimpin pengamanan VVIP Presiden RI Joko Widodo dalam rangka kunjungan kerja di wilayah Kab. Bogor.

Turut menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo, Kapolda Jabar Irjen pol Suntana, Gubernur Jabar M. Ridwan Kamil dan Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen di sela kegiatannya mendampingi Pangdam III/Slw memimpin pengamanan VVIP di wilayah Bogor, Jawa Barat Jum’at (23/12/2022).

Lanjut dikatakannya, dalam kunjungannya ke wilayah Bogor, Presiden Joko Widodo mengecek harga bahan pokok menjelang Natal dan tahun baru (Nataru) di Pasar Cigombong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dalam keterangannya usai pengecekan, Presiden Jokowi mengaku senang dengan harga bahan pokok di Pasar Cigombong yang cukup stabil, bahkan cenderung menurun.

Meski cenderung turun, Presiden menjelaskan masih ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti daging beku yang naik dari Rp 85.000,- menjadi Rp 95.000,- dan bawang merah yang naik Rp 2.000,- dari harga normal. Namun secara umum menurut Presiden, harga bahan pokok di pasaran masih terkendali dan terkelola dengan baik.

Dalam kesempatan itu Presiden Joko Widodo menyerahkan Bantuan Tunai Langsung (BTL) kepada Para Pedagang Pasar dan penyerahan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada Para Pedagang Kaki Lima.

Selepas melakukan pengecekan harga dan pemberian bantuan di Pasar Cigombong, Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya meresmikan Bendungan Ciawi Kabupaten Bogor. Di lokasi Bendungan Presiden Jokowi melakukan penandatanganan Prasasti sebagai tanda diresmikannya penggunaan Bendungan, dilanjutkan peninjauan fasilitasnya.

Selain meresmikan Bendungan Ciawi, Presiden Joko Widodo pun meresmikan Bendungan Sukamahi yang berada di wilayah Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Setibanya di Bendungan Sukamahi, Presiden melaksanakan peninjauan tempat persemaian tanaman hidroponik, dilanjutkan dengan pemutaran roda pintu air dan penandatanganan Prasasti sebagai tanda diresmikannya Bendungan Sukamahi dan fasilitas kawasan wisata.

Adanya Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi difungsikan menjadi daerah penampungan air saat hujan deras dari Puncak Bogor dan sekitarnya yang diharapkan bisa mengurangi dan mencegah banjir kiriman yang terjadi di daerah Ibu kota Jakarta.

“Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi merupakan Bendungan kering pertama yang dibangun di Indonesia. Selain itu kedua Bendungan tersebut juga dapat menjadi destinasi baru yang dapat menarik sejumlah pengunjung sehingga perekonomian masyarakat sekitar meningkat,” jelas Kapendam.

Kapendam menambahkan, sebelum kedatangan Presiden Joko Widodo di wilayah Kab. Bogor, Pangdam III/Slw selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) mengadakan pengecekan kesiapan pengamanan VVIP baik dari unsur TNI, Polri maupun unsur lainnya yang terlibat. Termasuk kesiapan lokasi yang akan dikunjungi agar pelaksanaan kunjungan kerja Presiden dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

“Hal tersebut dilakukan mengingat kegiatan pengamanan Kunker Presiden mutlak tanggungjawab Pangdam Selaku Pangkogasgabpad,” pungkas Kapendam Letkol Inf Adhe Hansen. (Pendam III/Siliwangi).

(M.NUR)

Tuliskan Komentar