PDS-PatKLIn, PDS PA dan PDFI Provinsi Kepulauan Riau Gelar Peringatan International Pathology Day (IPD) Tahun 2022

Harmoninews.com (Tanjungpinang) – Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS-PatKLIn), Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Anatomik Indonesia (PDS PA) dan Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) Provinsi Kepulauan Riau menggelar Peringatan International Pathology Day (IPD) Tahun 2022, bertempat di Mega Wisatawan Ocarina, Batam Center, Kepri, Minggu (13/11/2022).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Sekda Kota Batam, Drs H. Jefridin Hamid, Mpd, Karumkital dr Midiyato Suratani Tanjungpinang, Kolonel Laut (K) dr. Edwin M.Kamil, Sp.B., Direktur RS Awal Broos dr. Widya Putri, MARS, Dekan FK Uniba Dr.dr. Ibrahim Ali, SH, MSc,MKn,MPdKed, SpKKLP, FISQua, Ketua KPU KEPRI
Sriwati,S.E,M.M, Direktur RSUD Embung Fatimah, diwakili oleh dr Dianti Sp PA.

Menurut Ketua Panitia, Mayor Laut (K) dr. Christian Bambang Sulistio, Sp.PA yang kesehariannya menjabat Kasubbag Medik Bag UGD Dep Kesla Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang menjelaskan, kegiatan ini sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Dokter Indonesia (HUT IDI) ke-72 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58.

Kegiatan dilakukan secara serentak di kota yang tersebar di Indonesia dari Jakarta, Semarang, Bandung, Jogjakarta, Denpasar, Solo, Malang, Surabaya, Banda aceh, Medan, Padang, Palembang, Jambi, Riau, Bandar Lampung, Mataram, Kupang, Banjarmasin, Balikpapan, Manado, Gorontalo, hingga Makasar.

“Acara ini mengusung tema “Pathologist: Hand in hand, all together for better world”,” jelasnya

Dari tema tersebut, kata Christian, mengusung nilai-nilai 7K yang dipegang oleh patolog baik itu spesialis patologi klinik (Sp.PK), spesialis patologi anatomik (Sp.PA) ataupun spesialis forensik dan medikolegal (Sp.FM), yaitu komunikasi, koordinasi, kolaborasi, konglomerasi, kesantunan, kesejawatan, dan kesejahteraan.

“Sikap tersebut akan menjaga dimensi yang membangun untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan bermutu, tepat, dan bermanfaat,” tuturnya.

Lanjut Cristian, kegiatan peringatan internasional pathology day tahun ini berupa penyampaian informasi dan pengetahuan kepada masyarakat, mengenai peran dokter Pathologist dalam pelayanan kesehatan di bidang patologi, meliputi Patologi Klinik, Patologi Anatomik, dan Patologi Forensik melalui pemasangan spanduk dan penyediaan booth informasi.

“kegiatan diawali dengan olahraga bersama masyarakat di area terbuka, meliputi senam jantung sehat, zumba, line dance, talk show kesehatan, kuis dengan hadiah / doorprize yang menarik serta pemeriksaan gratis tensi dan gula darah sewaktu dengan menerapakan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Turut mendukung hingga acara berjalan dengan sukses yaitu Rumkital dr. Midiyato Suratani, RS Awal Bross, Gatot Subroto Lab , Abbott Lab, Cleo, Kalbe Nutrisi HI C1000, Prodia, PT Bintang Muda Dinamis, RS Monde Medika, Uniba, Patelki, PT. Biogen Scientific, Monde Medika, Mirac, Adi Lab, Klinik Monde medika.

Peserta yang terdaftar dalam acara peringatan International Pathology Day (IPD) Tahun 2022 tingkat Provinsi Kepri tersebut sebanyak 300 orang, terdiri dari Paramedis dan turut diikuti dengan penuh antusias oleh seluruh masyarakat kota Batam. (Panpel)

(M.NUR)

Tuliskan Komentar