Harmoninews.com (Sumedang) – Kodim 0610/Sumedang bekerjasama dengan Rumah Sakit Pakuwon dan Rumah Sakit Harapan Keluarga serta Poskes 03.10.10 Sumedang, menggelar pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala bagi Prajurit dan PNS, bertempat di Aula Juang Kodim 0610/Sumedang jalan Pangkor 164, Kelurahan Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, Selasa(17/01/2021).

Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat dan penimbangan berat badan. Berdasarkan data tim kesehatan Kodim, tercatat sebanyak 150 orang prajurit TNI dan PNS jajaran Kodim 0610/Sumedang yang telah melaksanakan Rikkes.

Terpantau di lapangan, prajurit dan PNS sangat antusias memeriksakan kesehatannya, walaupun harus sabar mengantri.

Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Hemdrix Fahlevi Rangkuti melalui Pasipers Kapten Inf Dadang Setiawan mengatakan bahwa, Rikkes merupakan salah satu bentuk perhatian Komando terhadap kesehatan para anggota. Tujuannya untuk mendeteksi sedini mungkin kemungkinan adanya penyakit yang diderita oleh prajurit dan PNS Kodim 0610/Sumedang.

“Tujuan dilaksanakannya Rikkes ini untuk memastikan kesehatan prajurit dan PNS, sehingga apabila ada indikasi memiliki penyakit, dapat ditangani sesegera mungkin,” terang Dandim.

Menurut Dandim, pemeriksaan kesehatan dilakukan bukan pada saat sakit saja, tapi ketika sedang dalam kondisi sehat, sehingga setiap anggota Kodim yang sedang melaksanakan tugas baik di lapangan maupun kantor dapat dengan tenang melaksanakan tugas pokoknya.

Ditambahkan Dandim, jika banyak yang merasa sehat dan tidak pernah ada kendala dalam kesehatan, namun tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan ketika sedang beraktivitas, hal ini dikarenakan kurangnya pemeriksaan kesehatan berkala dan kurangnya kepedulian terhadap kesehatan diri.

Baca Juga  Inovasi Kodam III/Siliwangi Menuju Modernisasi Manajemen Pertempuran

“Prajurit dan PNS harus mengikuti pemeriksaan kesehatan, manfaatkan sebaik mungkin fasilitas ini untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini. Jika memang ditemukan indikasi suatu penyakit , maka dengan segera dapat diberi tindakan medis,” tegas Dandim.

Pelda Bambang Sutejo Bakodim Sumedang dalam kesempatan itu yang turut memeriksakan kesehatannya menyampaikan terimakasih kepada Dandim dan tim kesehatan atas digelarnya pemeriksaan kesehatan bagi anggota. Menurutnya hal itu sangat baik sekali dilakukan agar dapat diketahui secara dini kondisi kesehatan diri masing-masing. (Pendam III/Siliwangi).

(M.NUR)

Tuliskan Komentar

Bagikan:
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com