Pangdam III/Slw Terima Kunjungan Kerja Wantimpres

Harmoninews.com (Bandung) – Pangdam III/Slw Kunto Arief Wibowo menerima kunjungan kerja Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang dipimpin oleh H.R. Agung Laksono bertempat di Ruang Silihwangi Makodam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jawa Barat, Senin (26/09/2022).

Kehadiran H.R. Agung Laksono ke Kodam III/Slw merupakan salah satu agenda kunjungan kerja Wantimpres ke wilayah Provinsi Jawa Barat yang direncanakan akan berlangsung selama 3 hari, mulai hari ini Senin hingga Rabu (28/09) mendatang. Pada awal penyambutan, Wantimpres disuguhi tayangan Video profil Kodam III/Slw, dari awal sampai berdirinya Kodam III/Slw, satuan-satuan di bawahnya serta keberhasilan Kodam III/Slw.

Pada kesempatan memberikan sambutan, Pangdam III/Slw memaparkan kondisi wilayah Kodam III/Slw yang merupakan wilayah penyangga Ibu Kota, menyangkut bidang ekonomi, sosial budaya, keamanan dan kondisi alam.

“Kodam III/Slw sejak tahun 2018 hingga saat ini sebagai Satgas Sungai Citarum Harum yang bertugas melakukan normalisasi Sungai Citarum, dengan memperlebar, memperdalam dan mengelola DAS Citarum, serta memberikan edukasi pada masyarakat sekitar aliran Sungai. Satgas Citarum juga melakukan pemeliharaan yang dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan BBWS dan Stake holder lainnya,”ujarnya

Kemudian Pangdam memaparkan upaya-upaya yang dilakukan Kodam III/Slw dalam rangka mendinamisasikan keadaan-keadaan di wilayah Jawa Barat, diantaranya yang bersifat ke dalam yaitu pembinaan satuan dengan melaksanakan sertifikasi profesi bidang IT bagi prajurit yang memiliki keahlian di bidang tersebut, melakukan kegiatan Transfer of Teknologi (TOT) untuk modernisasi serta penyempurnaan Alut yang digunakan prajurit Siliwangi. Pangdam juga memberangkatkan anggota untuk umrah dan seleksi Satgas luar negeri. Dalam penjabaran PP No. 12 tahun 2022 tentang Forkopimda dalam keadan mendesak, Kodam III/Slw juga telah membuat konsep piranti lunaknya dan diserahkan pada pemerintah daerah.

“Untuk mendukung profesionalisme prajurit, Kodam membangun lapangan tembak melingkar (Tapal kuda) di satuan Batalyon, melakukan rekondisi senjata, upgrade senjata, pembuatan drone, modifikasi ransel untuk komunikasi prajurit di lapangan, upgrade alat-alat jihandak serta alkapsus Denintel,” papar Pangdam.

Kemudian diuraikan juga upaya yang telah dilakukan untuk membantu kehidupan masyarakat, diantaranya inovasi teknologi seperti alat penjernih air yang dapat mengubah air laut atau air limbah menjadi air bersih, Nikuba yaitu alat pengubah air menjadi bahan bakar sepeda motor, perahu semen untuk membantu nelayan dan kompor biomas yang mampu menghasilkan titik api antara 800 – 900 derajat Celsius hanya dengan bahan baku berupa ranting-ranting kayu atau serbuk kayu.

Juga mengembangkan teknologi biologi mikroba Bios 44 DC, dimana Bios 44 DC mampu mengubah tanah yang tidak produktif menjadi lahan layak tanam, selain itu juga Bios 44 DC dapat dipergunakan pada usaha perikanan untuk mempercepat pertumbuhan ikan hingga dapat dipanen awalnya harus 4 bulan menjadi 2 bulan.

Seusai Menerima Paparan Pangdam III/Slw, Pimpinan rombongan Wantimpres H.R. Agung Laksono menyampaikan apresiasinya, atas inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Kodam III/Slw. Pasalnya ada penggunaan teknologi tinggi yang memanfaatkan sumber daya alam, sekaligus meningkatkan kapasitas sumber daya lainnya seperti sumber daya manusia yang sesuai dengan harapan masyarakat di era sekarang dan akan datang.

“Tenyata banyak sekali inovasi yang di buat Pangdam, salah satu inovasinya yang cukup menarik yaitu air bisa jadi BBM, kelihatannya seperti mustahil tapi nyata,” ucap Agung Laksono.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Kodam Siliwangi sudah dikenal sangat luas dengan tindakan serta langkah-langkah nyata dari prajuritnya, baik tugas di dalam maupun luar negeri. Kondisi wilayah Jawa Barat merupakan penyangga Ibu Kota, maka kalau terjadi sesuatu di Ibu Kota, tentunya Kodam III/Slw yang lebih dahulu membantu mengatasi. Untuk itu keberadan Kodam III/Slw sangat diharapkan kontribusi, kapasitas dan kapabilitasnya dalam menyokong Ibu Kota.

Turut hadir pada acara tersebut, Kasdam III/Slw, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, para Asisten dan Kabaldam III/Slw serta tim pendamping H.R. Agung Laksono. (Pendam III/Siliwangi)

(M.NUR)

Tuliskan Komentar