Berita

Pangdam III/Slw Apresiasi Langkah Solutif Sektor 7 Citarum

0
×

Pangdam III/Slw Apresiasi Langkah Solutif Sektor 7 Citarum

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (Kab. Bandung) – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko meninjau lebih dekat Sektor 7 Citarum Harum di Desa Rancamanyar Kec. Baleendah dan Desa Cangkuang Wetan Kec. Dayeuhkolot Kab. Bandung, Jum’at (08/09/2023).

Kehadiran Pangdam III/Slw disambut oleh Dansektor 7 Citarum Kolonel Caj (K) Nurjanah Suat, Dandim 0624 Kab. Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, SE., M.I.P., dan Kades Cangkuang Wetan Asep Kusniadi, Spdi, Mpd.

Pada kesempatan itu Mayjen Erwin beserta rombongan melaksanakan penanaman pohon Tarum yang menjadi ciri khas Sungai Citarum untuk mengembalikan ekosistem di sekitar DAS Sungai.

Pangdam III/Slw juga meninjau Motah (Mesin Olah Runtah) di Desa Cangkaung Wetan Kec. Dayeuhkolot. Dijelaskan oleh Dansektor 7 tentang sistem kerja dari Motah.

Mesin tersebut memiliki beberapa keunggulan, diantaranya hemat energi, tidak menggunakan listrik dan bahan bakar, suhu pembakaran tinggi mencapai 1000°C, kapasitas pembakaran sampai dengan 500 kg/jam, instalasi dan perawatan mudah serta bahan terbuat dari material berkualitas tinggi.

“Motah merupakan inovasi insinerator instan baru dengan sistem kontrol udara untuk mendukung proses pembakaran. Tidak menggunakan listrik sehingga cocok untuk daerah yang belum terdapat prasarana listrik. Hanya menggunakan bahan dari sampah untuk menghasilkan energi panas. Hemat energi dan biaya perawatan sangat rendah,” jelas Dansektor.

Pangdam III/Slw mengapresiasi langkah inovatif Dansektor 7 dalam menciptakan Motah untuk mengolah limbah sampah menjadi pupuk sekaligus bahan dasar paping blok serta briket.

“Dari berbagai sampah yang dikumpulkan, bisa dipilah-pilah. Untuk yang organik juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan maggot yang diberikan kepada hewan ternak sehingga hasilnya sangat luar biasa,” ujar Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menegaskan bahwa akan terus mengembangkan dan memperbanyak jumlah mesin pengolah sampah Motah. Harapannya mesin tersebut dapat menjangkau di setiap sektor Citarum, bahkan di setiap Desa.

Keberadaan mesin pengolah sampah diharapkan dapat mendorong peningkatan hasil sektor peternakan dan pertanian bagi kesejahteraan masyarakat Desa.

Pangdam III/Slw juga mengecek progres pembangunan Oxbow di Rancamanyar Sektor 7 Citarum Harum yang sudah berjalan sebagai upaya mengembalikan DAS sesuai dengan fungsinya.

Turut hadir mendampingi dalam kunjungan, Asops dan Aster Kasdam III/Slw, Kazidam III/Slw, Dansektor 7 Citarum Harum dan Dandim 0624/Kab. Bandung.

(M.Nur, Pendam III/Siliwangi)

 

 

Tuliskan Komentar