EditorialGaya Hidup

One, Two, Tree (Satu, Dua, Pohon): Bagaimana Kecerdasan Buatan Membantu Menemukan Jutaan Pohon di Sahara

0
×

One, Two, Tree (Satu, Dua, Pohon): Bagaimana Kecerdasan Buatan Membantu Menemukan Jutaan Pohon di Sahara

Sebarkan artikel ini
Pemandangan pepohonan dari udara di Sahel ‘Di tempat yang tidak diharapkan oleh siapa pun untuk menemukan banyak pohon, sebenarnya terdapat beberapa ratus juta pohon.’ Foto Atas perkenan Martin Brandt

Upaya pemetaan pohon di Bumi semakin berkembang – dan dapat mengubah pemahaman kita tentang kesehatan planet ini. Ketika tim ilmuwan internasional berusaha untuk menghitung setiap pohon di wilayah besar Afrika Barat menggunakan kecerdasan buatan (AI), citra satelit, dan salah satu superkomputer terkuat di dunia, harapan mereka besarnya. Sebelumnya, wilayah ini tercatat memiliki sedikit atau bahkan tidak ada tutupan pohon.

Kejutan terbesar, kata Martin Brandt, profesor geografi di Universitas Kopenhagen, adalah bahwa bagian Sahara yang dicakup dalam penelitian, sekitar 10%, “tempat di mana tidak ada yang akan mengharapkan menemukan banyak pohon”, sebenarnya memiliki “ratusan juta”.

Pohon sangat penting untuk kelangsungan hidup jangka panjang kita, karena mereka menyerap dan menyimpan emisi karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan global. Namun, kita masih tidak tahu berapa jumlahnya. Sebagian besar Bumi tidak dapat diakses baik karena perang, kepemilikan, atau geografi. Sekarang ilmuwan, peneliti, dan penggiat memiliki sejumlah sumber daya yang lebih canggih untuk memonitor jumlah pohon di planet ini.

Citra satelit telah menjadi alat terbesar untuk menghitung jumlah pohon di dunia, tetapi sementara area berhutan relatif mudah dilihat dari luar angkasa, pohon-pohon yang tidak terkumpul rapi dalam gumpalan hijau tebal terlewatkan. Itulah mengapa penilaian sejauh ini, kata Brandt, “sangat jauh dari angka sebenarnya. Mereka didasarkan pada interpolasi, estimasi, dan proyeksi.”

Pohon-pohon di lahan kering tumbuh terisolasi tanpa membentuk hutan (ditandai dengan warna hijau, atas), sehingga tidak terlihat oleh sistem satelit konvensional. Para ilmuwan menggunakan sensor baru dan AI untuk memetakan setiap pohon dalam persegi panjang di Afrika barat, menunjukkan bahwa jutaan pohon tumbuh di daerah gurun dan padang rumput.

Upaya terbaru untuk menghitung total pohon secara global dilakukan pada tahun 2015, ketika para peneliti, dengan menggunakan kombinasi data satelit dan pengukuran darat, memperkirakan ada sedikit lebih dari 3 triliun pohon. Ini merupakan peningkatan dramatis dari perkiraan sebelumnya yaitu 400 miliar pada tahun 2009, yang didasarkan hanya pada citra satelit.

Penelitian oleh Brandt dan rekan-rekannya di Afrika Barat menjanjikan gambaran yang lebih akurat di masa depan. Dalam kolaborasi dengan Goddard Space Flight Center milik NASA, mereka dapat menggunakan citra satelit dari DigitalGlobe, sebelumnya hanya tersedia untuk entitas komersial, yang memiliki resolusi cukup tinggi untuk melihat pohon-pohon individu dan mengukur ukuran mahkota mereka.

Menggunakan kecerdasan buatan (AI) deep learning, dan salah satu superkomputer terkuat di dunia – Blue Waters di University of Illinois – tim ini dapat menghitung pohon-pohon individu dari luar angkasa untuk pertama kalinya. Mereka secara manual menandai hampir 90.000 pohon di berbagai jenis medan, sehingga komputer dapat “belajar” bentuk dan bayangan mana yang menunjukkan keberadaan pohon. Hal ini memungkinkan mereka menghitung setiap pohon dengan ukuran mahkota setidaknya 3 meter persegi dalam area seluas 1,3 juta kilometer persegi yang sebagian besar terdiri dari Sahara tetapi juga mencakup daerah semi-arid Sahel di sepanjang tepi selatan gurun dan sejumput zona sub-humid di bawahnya. Secara keseluruhan, mereka mendeteksi lebih dari 1,8 miliar pohon.

Pohon-pohon di Sahara cenderung berkumpul di sekitar permukiman manusia. Daerah kering rata-rata memiliki 9,9 pohon per hektar, meningkat menjadi 30,1 di zona semi-arid dan 47 di tepi selatan zona sub-humid dari wilayah yang diteliti. Hanya ada 0,7 pohon per hektar di daerah yang diklasifikasikan sebagai “super-kering”.

“Sebagian besar peta menunjukkan daerah ini sebagai basically empty,” kata Brandt. “Tetapi mereka tidak kosong. Penilaian kami menunjukkan cara untuk memantau pohon di luar hutan secara global, dan untuk menjelajahi peran mereka dalam mitigasi degradasi, perubahan iklim, dan kemiskinan.”

Mengelola catatan arboreal planet ini kunci untuk memahami dampak pohon terhadap kesehatan planet kita. Jika jumlah pohon dapat dipetakan, begitu juga jumlah karbon yang mereka simpan.

Peta pohon dunia yang paling terkenal saat ini dirilis setiap tahun oleh Global Forest Watch. Diluncurkan oleh World Resources Institute (WRI) pada tahun 2014, ini menggunakan data dari satelit Nasa Landsat (yang tidak memiliki resolusi se tinggi satelit komersial) untuk memantau apa yang dengan diplomatis disebut “kehilangan tutupan pohon”. Sebelumnya, informasi tentang perubahan bentuk hutan dikumpulkan setiap lima tahun oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, yang harus mempercayai angka dari negara-negara individu. Tujuan WRI adalah membuat data deforestasi menjadi lebih transparan.

Peringatan mingguan dihasilkan untuk pengurangan ukuran hutan di daerah tropis. “Kamboja pada dasarnya mengatakan tidak ada deforestasi,” kata Fred Stolle, wakil direktur program hutan WRI, “tapi sebenarnya ada begitu banyak. Industri otomotif semakin besar dan kita membutuhkan ban. Karet tumbuh baik di daerah tropis, sehingga Kamboja mengalami jumlah deforestasi yang sangat besar untuk menanam pohon karet baru.”

Peringatan juga muncul untuk Ghana, di mana penghancuran hutan primer melonjak 60% antara 2017 dan 2018 – kenaikan terbesar di mana pun di daerah tropis.

Perkebunan karet di Kampong Cham, Kamboja. Sebagian besar hutan negara telah ditebangi dan digantikan oleh perkebunan. Foto: Sean Gallagher

Namun, ada satu aspek peta WRI yang Stolle akui membuat gambaran tidak lengkap. Sementara satelit dengan mudah menunjukkan di mana pohon telah ditebang, “pertumbuhan pohon baru jauh lebih sulit dilihat. Jadi, meskipun Global Forest Watch melihat banyak deforestasi, ia tidak melihat banyak reforestasi.” Brandt berharap bahwa teknologi resolusi tinggi yang ditawarkan oleh satelit komersial akan menjadi tersedia secara luas dalam beberapa tahun mendatang, membantu mengatasi kesenjangan ini.

Organisasi lain yang melacak deforestasi adalah organisasi nirlaba lingkungan Canopy, didirikan pada tahun 1999 oleh direktur eksekutifnya saat ini, Nicole Rycroft. Canopy melacak rantai pasokan perusahaan karena, kata Rycroft, “tidak perlu menebang pohon berusia 100 tahun untuk membuat kotak pizza atau kaos, atau agar pohon berasal dari tanah yang dihuni oleh masyarakat adat.”

Dengan menggunakan informasi dari berbagai sumber ilmiah, Canopy telah mengemas data mentah dan citra satelit menjadi alat interaktif bernama ForestMapper, untuk membantu perusahaan beralih ke rantai pasokan yang berkelanjutan. Mereka dapat memindai peta, yang mencakup informasi tentang kepadatan karbon hutan, spesies yang terancam punah, kerugian pohon sejauh ini, dan perkiraan deforestasi dalam satu dekade ke depan. “Kami adalah sisi ilmu terapan,” kata Rycroft, “membuat data ramah pengguna.” Selain menyoroti rantai pasokan berisiko, Canopy membantu produsen menemukan sumber yang lebih berkelanjutan, termasuk serat daur ulang, “sehingga kita tidak hanya memindahkan masalah dari satu halaman belakang ke halaman belakang orang lain”.

“Kami bekerja dengan 320 merek fashion,” lanjut Rycroft. “Termasuk merek seperti H&M, Zara, dan Uniqlo, hingga desainer mewah seperti Stella McCartney. Dan seperti yang dapat Anda bayangkan, ada berbagai motivasi di dalam perusahaan-perusahaan itu, tetapi mereka semua berkomitmen.”

Tujuh tahun yang lalu, katanya, sedikit orang di industri bahkan tahu bahwa “200 juta pohon menghilang menjadi rayon dan viskos setiap tahun, dan sebagian dari itu berasal dari habitat orangutan dan beruang grizzly, ekosistem hutan karbon tinggi yang sangat tinggi.” Sekarang, katanya, “52% dari produksi viskos global telah diverifikasi oleh kami sebagai berisiko rendah berasal dari hutan karbon tinggi atau berbiodiversitas tinggi. Masih ada 48% rantai pasokan yang harus dilalui, tetapi dalam waktu yang relatif singkat, kami telah melihat rantai pasokan global mulai bertransformasi secara mendasar dalam cara mereka mendapatkan sumber.”

Destruction of Ghana’s primary forests jumped by 60% between 2017 and 2018 – the biggest rise anywhere in the tropics. Photograph: Nicolas De Corte/Alamy

Titik-titik panas di peta sekarang termasuk Asia Tenggara, Indonesia, Vietnam, Laos, dan Brasil. Bekerja sama dengan LSM lokal dan penggiat, Canopy menelusuri detail regional. Beberapa perkebunan eukaliptus di Indonesia, misalnya, tumbuh di lahan gambut berkarbon tinggi yang perlu dipulihkan. “Dan kami baru-baru ini menemukan bahwa habitat koala di Australia telah ditebang untuk produksi kain,” kata Rycroft.

Pemeriksaan yang sama berlaku untuk rantai pasokan lainnya, seperti karton. “Hutan mana yang menyediakan 3 miliar pohon yang menghilang ke pembungkus makanan, kotak pizza, atau kemasan yang tiba di depan pintu kita dari pengecer online? Apakah berasal dari perkebunan yang dikelola secara berkelanjutan? Apakah ada konten daur ulang? Atau berasal dari hutan bernilai karbon tinggi?”

Yang paling sulit untuk dimonitor adalah penebangan ilegal dari sejumlah besar pohon yang masih belum diketahui di luar hutan. Tim Brandt hampir mengajukan makalah penelitian lain untuk mana mereka telah memindai area yang mencakup 10 kali lipat dari area yang dicakup oleh penelitian awal mereka. Selain hutan, kata Brandt, pohon-pohon individu “berharga dalam mitigasi perubahan iklim, menyediakan berbagai ekosistem dan layanan kepada manusia, dan sampai saat ini, tidak mungkin untuk memetakan mereka.”

Menjelang akhir tahun 2023, tampaknya rencana tidak berjalan sesuai harapan, bukan? Di Inggris, perdana menteri Rishi Sunak telah berjanji memberikan pemerintahan yang stabil dan kompeten – jangan lupakan profesionalisme, integritas, dan akuntabilitas – setelah perjalanan rollercoaster dengan Boris Johnson dan Liz Truss. Masih ingat Liz? Saat ini, dia sepertinya sudah menjadi aksi komedi yang terlupakan. Sebaliknya, Sunak membawa kita lebih jauh melalui cermin ke dalam psikodrama Konservatif.

Di tempat lain, gambarannya tidak lebih baik. Di Amerika Serikat, Donald Trump sekarang menjadi favorit banyak orang untuk menjadi presiden lagi. Di Ukraina, perang terus berlanjut tanpa tanda-tanda berakhir. Bahaya dunia lainnya mengalami kelelahan perang dan kehilangan minat sangat nyata. Lalu ada perang di Timur Tengah dan jangan lupakan krisis iklim…

Tetapi tahun baru membawa harapan baru. Ada pemilihan di banyak negara, termasuk Inggris dan Amerika Serikat. Kita harus percaya pada perubahan. Bahwa sesuatu yang lebih baik mungkin terjadi. The Guardian akan terus meliput peristiwa dari seluruh dunia dan pelaporan kami sekarang terasa sangat penting. Tetapi menjalankan organisasi pengumpulan berita tidaklah murah.

Jadi tahun ini, saya meminta Anda – jika Anda mampu – memberikan uang. Yah, bukan kepada saya secara pribadi – meskipun Anda bisa jika Anda mau – tetapi kepada The Guardian. Dengan mendukung The Guardian mulai dari $2 per bulan, kami akan dapat melanjutkan misi kami untuk mengejar kebenaran di segala penjuru dunia.

Tuliskan Komentar