Nasional

Literasi Digital Edisi ke-7, LD PBNU Imbau Warganet untuk Saring sebelum Sharing

0
×

Literasi Digital Edisi ke-7, LD PBNU Imbau Warganet untuk Saring sebelum Sharing

Sebarkan artikel ini

Harmoninews.com, Serang – Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), PBNU, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan LD PCNU Kabupaten Serang Banten kembali Seminar Literasi Digital Dakwah bertema Lakukan Saring Sebelum Sharing. Agenda yang telah terselenggara pada episode ke-7 ini digelar di Aula PWNU Provinsi Banten, Serang pada Rabu (3/4/2024).

Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU, KH. Nurul Badruttamam, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi digital dalam berdakwah.

“Dengan mengutamakan saring sebelum sharing, kita dapat mengurangi penyebaran informasi yang tidak benar atau berpotensi merugikan, serta memastikan bahwa dakwah yang disampaikan melalui media digital dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.” terang Kyai Nurul.

Hadir sebagai narasumber, Pengurus Lembaga Dakwah PBNU, Dr. Komaruzaman, M.Ed. menyampaikan
transformasi dakwah di era disrupsi.

Ia mengemukakan bahwa dunia telah berubah menjadi semakin digital. Hal ini, juga telah mengubah seluruh sendi kehidupan, termasuk cara berdakwah.

“Dakwah multimedia merupakan sebuah alternatif, penggunaan internet untuk berdakwah merupakan wujud integrasi antara Islam dengan teknologi dan ada juga E-Dakwah memanfaatkan website dan media”, ungkapnya.

Sementara itu, Ketua LD PCNU Kab. Serang, Budy Budiman, M.Pd mengemukakan bahwa internet membawa dampak positif dan negatif bagi masyarakat. Karenanya, pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dibutuhkan.

“Dampak positif dan negatif ini harus diantisipasi pengguna dengan kecakapan digital” kata Budy Budiman.

Senada dengan itu, Perwakilan Kepala Bidang Aptika Diskominfosatik Ari Rumansyah, SH. M.Si. menyebut bahwa ada 4 pilar literasi gital.

“Literasi digital memiliki 4 pilar yaitu Digital skill, digital culture, digital ethics dan digital safety.” ujarnya.

Ia juga menekankan agar pengguna internet juga selalu mengutamakan saring sebelum sharing.

Acara di buka oleh Ketua PWNU Provinsi Banten KH. Bunyamin Hafidz dan dihadiri oleh Ketua PCNU Kabupaten Serang KH. Muhammad Robi.

Tuliskan Komentar