Berita

Lantamal I Laksanakan Kegiatan Uji Terampil Glagaspur P1–P2 Tahun 2024

11
×

Lantamal I Laksanakan Kegiatan Uji Terampil Glagaspur P1–P2 Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (TNI AL, Belawan) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., menghadiri Pembukaan Uji Terampil Glagaspur P1-P2 Lantamal I Tahun 2024, dipimpin oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr. Opsla., diwakili Komandan Kolat Koarmada I Kolonel Laut (P) Sandharianto, selaku Ketua Tim, bertempat di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01 Belawan, Sumatera Utara, Senin (20/5/2024).

Dalam sambutannya, Danlantamal I menyampaikan bahwa Lantamal I merupakan bagian integral dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam mendukung tugas-tugas satuan operasi TNI Angkatan Laut, baik dimasa damai maupun dimasa perang bagi unsur –unsur operasi KRI, Pesud, dan Marinir yang sedang melaksanakan tugas operasi di wilayah kerja Lantamal I. Disamping itu juga melaksanakan operasi keamanan laut terbatas serta melaksanakan pemberdayaan Potensi Maritim menjadi Kekuatan Pertahanan dan Keamanan di Laut .

Danlantamal I menekankan kepada seluruh personel latihan yakni, Pertama, laksanakan kegiatan dengan baik dengan memperhatikan keselamatan personel maupun materil. Kedua, perhatikan instruksi dan petunjuk yang diberikan, sehingga materi yang disampaikan dapat dimengerti dan dilaksanakan. Ketiga, laksanakan evaluasi agar kita mengetahui sejauh mana kegiatan Uji Terampil Glagaspur ini dapat memberikan peningkatan kemampuan personel dalam melaksanakan tugas -tugas pangkalan.

Pangkoarmada I dalam amantanya yang dibacakan oleh Komandan Kolat Koarmada I menyampaikan bahwa Gladi Tugas Tempur Pangkalan pada dasarnya merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mendapatkan keserasian antara kesiapan teknis, kesiapan personel dan juga perangkat lunak, sebagai pengecekan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diembannya. Saya ingatkan juga, perlunya tindakan purba jaga yang profesional guna mencegah terjadinya kerugian personel dan materiil dengan melaksanakan semua prosedur latihan secara cermat dan benar, tingkatkan terus profesionalisme, pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki selama ini, dan laksanakan Uji Terampil Glagaspur dengan penuh semangat dan penuh tanggung jawab serta utamakan zero accident dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.

Kegiatan berlangsung selama dua hari tanggal 20 sampai tanggal 21 Mei 2024. Adapun materi yang diujikan meliputi, Ujian Tertulis, PBB, PDD Khas TNI AL, Pemakaman, Tali Temali, Peluit, Isyarat Bendera, Isyarat Lampu, Bongkar Pasang Senjata Pistol dan Laras Panjang, Pertahanan Pangkalan, Peran Kebakaran, P3K dan Evakuasi Medis, Renang Militer, serta Menembak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Utama, Kadis dan Kasatker Lantamal I, serta Tim Uji Terampil PI-P2 Kolat Koarmada I.

(M.Nur/ Dispen Lantamal I)

Tuliskan Komentar