Berita

Lanal Lhokseumawe Laksanakan Upacara HUT TNI AL Ke-78 Tahun 2023

0
×

Lanal Lhokseumawe Laksanakan Upacara HUT TNI AL Ke-78 Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (TNI AL, Lhokseumawe) – Prajurit Lanal Lhokseumawe melaksanakan Upacara Memperingati HUT TNI Angkatan Laut Ke-78, bertempat di Lapangan Upacara Mako Lanal Lhokseumawe, Jalan KKA, Desa Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Senin (11/09/2023).

Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Andi Susanto diwakili oleh Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, S.Sos., M.M., selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang menyampaikan bahwa “Selama 78 tahun TNI Angkatan Laut telah tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan maritim yang selalu siap siaga menjaga kedaulatan negara di laut, menegakkan hukum dan keamanan diseluruh perairan Indonesia sekaligus menjadi salah satu alat diplomasi militer yang efektif pada tataran internasional. Semua pencapaian tersebut merupakan rahmat dan karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa, sekaligus buah dari upaya kerja keras dan pengabdian yang tinggi dari seluruh prajurit serta dukungan yang tulus dari segenap keluarga besar TNI Angkatan Laut.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada seluruh Prajurit, Pegawai Negeri Sipil serta keluarga besar TNI Angkatan Laut, atas dedikasi, profesionalisme, loyalitas dan dukungan yang telah kalian persembahkan selama ini”.

Lebih lanjut disampaikan bahwa sebagai generasi penerus TNI Angkatan Laut maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua  untuk terus meneguhkan komitmen pengabdian dalam meneruskan, mempertahankan, dan meningkatkan tradisi kejayaan TNI Angkatan Laut sebagai mana telah dicontohkan oleh para pendahulu kita.

Panglima TNI berharap agar setiap Prajurit TNI Angkatan Laut harus selalu adaptif terhadap perubahan dan senantiasa membuka diri untuk belajar hal-hal baru, keluar dari zona nyaman, serta mampu berpikir kreatif dan solutif dalam menghadapi berbagai situasi yang tidak terduga. Oleh karena itu, pembangunan sumber daya manusia TNI Angkatan Laut yang profesional dan tangguh, berlandaskan kekuatan moral, pengetahuan yang luas dan penguasaan teknologi, mutlak untuk diwujudkan.

Setelah selesai kegiatan upacara Lanal Lhokseumawe dilanjutkan acara syukuran dalam rangka memperingati HUT TNI Angkatan Laut ke-78 yang mengambil tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Palaksa Lanal  Lhokseumawe Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, S.Sos., M.M., mewakili Danlanal memberikan sambutan kepada seluruh prajurit tentang makna syukuran ada tiga yang diambil yaitu, Pertama sebagai prajurit maupun PNS bersyukur masih bisa diberi kehidupan bertakwa dan meningkatkan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, yang diambil bagaimana memahami upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI Angkatan Laut dalam mengisi kemerdekaan untuk menerapkan kedaulatan bangsa dan negara. Ketiga, sebagai momentum untuk evaluasi diri dan interpretasi bagaimana kekurangan dan kelebihan kita dalam melaksanakan tugas yang sudah kita laksanakan satu tahun kedepan sambil mengingat-ingat atau kekurangan apa yang belum sempurna kita sempurnakan supaya lebih baik, supaya Angkatan Laut lebih maju lagi.

Kegiatan berjalan dengan hikmat, aman dan lancar dihadiri oleh Perwira Staf, Bintara dan Tamtama serta PNS Lanal Lhokseumawe.

(M.Nur, Pen Lanal Lhokseumawe)

Tuliskan Komentar