Berita

Komsos Dengan Aparat Pemerintahan, Dandim 0507/Bekasi Ajak Tingkatkan Sinergi Dalam Mengantisipasi Dampak Perubahan Iklim Di Kota Bekasi

16
×

Komsos Dengan Aparat Pemerintahan, Dandim 0507/Bekasi Ajak Tingkatkan Sinergi Dalam Mengantisipasi Dampak Perubahan Iklim Di Kota Bekasi

Sebarkan artikel ini

Harmoninews.com (KOTA BEKASI) – Kodim 0507/Bekasi menggelar acara Komunikasi Sosial (Komsos) yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara aparat TNI dan aparat pemerintah di Kota Bekasi TA. 2024, untuk bersinergi dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim di Kota Bekasi.

Acara ini berlangsung di Aula Makodim 0507/Bekasi, dan dihadiri Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait, Asda 3 Dwi Andyarinia Dian Arga, Dirut BPRS serta Camat dan Lurah se- Bekasi Kota. Senin (13/05/2024)

Dalam Sambutannya Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait menuturkan bahwa antisipasi perubahan iklim kaitannya erat dengan ketahanan pangan yang ada di wilayah.

“Karena perubahan iklim, elnino yang akhir – akhir ini terjadi mengakibatkan musim kemarau yang semakin panjang. Nah kalau kita tidak mengantisipasi hal tersebut ketahanan pangan kita rendah, akan membahayakan bagi masyarakat Kota Bekasi,” ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim juga menambahkan bahwa salah satu budidaya ayam petelur yang selaras dengan konsep Urban Farming yang digagas Pangdam Jaya Mayjen TNI Muhammad Hasan

Diketahui bahwa lahan di Jabodetabek sangat minim untuk pertanian, untuk itu setiap unsur Komandan satuan kewilayahan harus mencari alternatif untuk lahan pertanian kaitan ketahanan pangan.

“Mungkin kaitannya dengan ketahanan pangan ya kita coba ada budidaya bioflog, ada budidaya hidroponik dan salah satunya ayam petelur ini tidak memakan lahan yang luas, untuk 96 ekor ayam saja hanya membutuhkan 1,5×6 meter,” katanya.

Kodim melibatkan unsur pemerintahan dalam hal ini Camat dan Lurah, karena masyarakat membutuhkan contoh. Ketika levelnya sudah sampai di kelurahan, kaitan dengan ketahanan pangan, maka akan dapat dengan mudah dilihat dan di contoh.

Kodim 0507/Bekasi juga akan terus melakukan pendampingan ketahanan pangan di jajaran kelurahan melalui Babinsa.

“Para Babinsa kami dan Danramil kami sudah melakukan pelatihan di Makodim 0507/Bekasi ini dengan harapan saat mereka melakukan pendampingan di masyarakat dan dapat membantu”ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dandim 0507/Bekasi juga mengajak para Camat untuk melihat secara langsung Urban Farming yang dilakukan Makodim 0507/Bekasi. Walaupun dengan lahan yang sangat terbatas budidaya ayam petelur, hidroponik, perikanan dan lainnya dapat dilakukan di rooftop gedung Kodim 0507/Bekasi.

(M.NUR)

Tuliskan Komentar