Berita

Komandan Lanal Dabo Singkep Resmi Buka Latihan VBSS Lanal Dabo Singkep

13
×

Komandan Lanal Dabo Singkep Resmi Buka Latihan VBSS Lanal Dabo Singkep

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (TNI AL, Dabo Singkep) – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Tri Hermawan MA, M.Tr. Opsla., secara resmi membuka Latihan Visit Board Search And Seizure (VBSS) Lanal Dabo Singkep Triwulan II Tahun Anggaran 2024, bertempat di Gedung Diponegoro Mako Lanal Dabo Singkep, Senin (10/6/2024).

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Dabo Singkep menyampaikan bahwa “Latihan VBSS (Visit Board Search And Seizure) ini bertujuan untuk memelihara kemampuan satuan sesuai tugas dan fungsi asasinya serta meningkatkan profesionalisme satuan melalui pemahaman prosedur operasional, teknis dan taktis guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas Angkatan Lalut khususnya Lanal Dabo Singkep,” tuturnya.

Lebih jauh Danlanal DBS mengatakan “Sebanyak 103 personel Lanal Dabo Singkep mengikuti latihan VBSS, dengan menggunakan metode latihan pembekalan di ruangan dan praktek di lapangan, dimana materi yang akan dipelajari diantaranya pengorganisasian, ship boarding, gerakan taktis, penanganan tawanan, evakuasi medis, praktek penggunaan senjata dan drill kering. Kemudian dilanjutkan dengan pengaplikasian materi-materi yang diterima di ruangan dalam praktek lapangan,” jelasnya.

“Latihan ini juga untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam hal pengetahuan penanganan terhadap permasalahan maupun kasus-kasus pelanggaran hukum di laut yang berada di wilayah kerja Lanal Dabo Singkep. Saya berharap agar kegiatan ini dilaksanakan dengan sunguh-sungguh dan serius serta bertanggung jawab, agar hasil yang di peroleh bisa maksimal dan tidak hanya sekedar melaksanakan saja,” harap Danlanal DBS.

Danlanal DBS menegaskan “Selaku prajurit jangan pernah berhenti dari tekad dan semangat untuk berlatih guna menjaga stamina fisik dan kemampuan agar tetap bisa tampil prima,” tegasnya.

“Akhirnya marilah kita senantiasa memohon lindungan, bimbingan dan petunjuk kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam meneruskan pangabdian kita kepada Angkatan Laut, TNI, Bangsa dan Negara tercinta.
Jalesveva Jayamahe,” pungkas Danlanal DBS.

(M.Nur/ Pen Lanal Dabo Singkep)

Tuliskan Komentar