Berita

Kodam III/Slw Gelar Pengamanan VVIP Kunjungan RI 1 di Wilayah Bandung

0
×

Kodam III/Slw Gelar Pengamanan VVIP Kunjungan RI 1 di Wilayah Bandung

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (Bandung) – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., menyambut serta mendampingi Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, sekaligus memimpin secara langsung pengamanan VVIP terkait kedatangannya di teritorial Kodam III/Slw.

Kedatangan Presiden RI di wilayah Bandung, merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja, salah satunya untuk meresmikan Vaksin Indovac yang merupakan hasil karya anak bangsa di PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat.

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen saat dikonfirmasi melalui telepon Kamis (13/10/2022).

Lanjut dikatakannya, pengembangan Vaksin Indovac tersebut telah dilakukan sejak November 2021. Pada hari Kamis (13/10/2022), Presiden RI meresmikan serta menyaksikan penyuntikan pertama dari Vaksin Indovac karya Bio Farma, kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Presiden RI mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa Bio Farma bisa memproduksi lebih dari 3 milyar dosis vaksin, dalam kurun waktu 1 tahun. Vaksin tersebut sudah di ekspor ke 153 negara. Indonesia telah menjadi produsen vaksin dan masuk 5 besar dunia produsen bermacam – macam vaksin. Diantaranya vaksin polio , difteri, meningitis, flu, campak dan yang terakhir Indovac.

Presiden RI juga mengatakan, untuk vaksin polio saja, Bio Farma menguasai 70% dari pasar dunia, serta menyuplai vaksin polio ke berbagai negara, hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat luar biasa.

“Mulai hari ini kita bisa memproduksi vaksin covid sendiri, dengan kapasitas di tahun ini kurang lebih 20 juta, tahun depan bisa 40 juta dan kalau memang pasar masih memerlukan bisa sampai 120 juta dosis vaksin,” ujarnya.

Ini merupakan sebuah kerja keras dari sumber daya manusia (SDM) muda, dalam menggarap sebuah vaksin baru, dari hulu sampai ke hilir yang memakan waktu kurang lebih 1,5 tahun.

Presiden RI juga berpesan kepada Menteri BUMN dan Menteri Kesehatan, agar tetap mensupport terus Bio Farma, sehingga akan betul-betul menghasilkan sebuah ‘revenew’ yang semakin besar bagi negara, serta memilki kemandirian betul dalam urusan vaksin.

Kapendam menambahkan, selain meresmikan Vaksin Indovac, Presiden RI juga meninjau progres infrastruktur pembangunan Stasiun HSR Tegalluar yang merupakan stasiun kereka cepat Indonesia Cina (KCIC) di Desa Tegalluar, Cibiru Hilir, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Kemudian mengunjungi Pasar Kosambi Jln. Ahmad Yani Bandung dan memberikan BLT BBM serta Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada pedagang Pasar juga Pedagang Kaki lima. Kegiatan berlanjut meninjau Kantor PT. Pos Bandung di Jl. Asia Afrika No. 49 Bandung dan diakhiri dengan memberikan BLT BBM serta BSU kepada masyarakat Program Keluarga Harapan (PKH) (Pendam III/Siliwangi).

(M.NUR)

Tuliskan Komentar