Berita

Jalin Sinergitas Antar Instansi Kesehatan, KARUMKITAL dr. MIDIYATO SURATANI Terima Kunker BTKLPP Kelas I Batam dan Dinkes Kota Tanjungpinang

0
×

Jalin Sinergitas Antar Instansi Kesehatan, KARUMKITAL dr. MIDIYATO SURATANI Terima Kunker BTKLPP Kelas I Batam dan Dinkes Kota Tanjungpinang

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (TNI Angkatan Laut, Tanjungpinang) – Dalam rangka membangun sinergitas dan kolaborasi antar instansi, Rumkital dr. Midiyato Suratani menerima Kunjungan Kerja (Kunker) dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam dan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, bertempat di Ruang VIP Chamber Rumkital dr. Midiyato Suratani, Jln Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Selasa (13/12/2022).

Kunjungan kerja dalam rangka supervisi laboratorium Covid-19 tersebut disambut secara langsung oleh Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B., didampingi Kapokli Kolonel Laut (K) Andi Sugeng Rawuh, Kabagwat Letkol Laut (K) Guno Wardoyo, S.Kep., Ns., Kasubbag Kimia Klinik-1 Mayor Laut (K) dr. Guruh Adi Indrawan, Sp. PK., Paur Hematologi Lettu Laut (K) Norkhai Ayer, Amak., Kasatpam Lettu Laut (P) M. Jalaluddin Akbar, ASN Swandhita Intar Ramadhani, Amd.AK.

Adapun Tim BTKLPP Kelas I Batam, yang melakukan kunker di Rumkital dr Midiyato Suratani diantaranya, Kasubag Administrasi Umum Ismail, S.T., M.Sc, beserta staf Ida Neni Haryati didampingi oleh Kasub Epidemiologi Kesehatan Dinkes Kota Tanjungpinang Nurhayati, A.Md.Keb dan KA Lapkesda Kota Tanjungpinang Sudaryanti, SKM.

Pada dasarnya ujung tombak pelaksanaan program pencegahan dan pengendalian penyakit Covid-19 adalah petugas-petugas kesehatan terutama di daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Singapura baik di Batam maupun di Tanjungpinang.

Munculnya subvarian Omicron XBB COVID-19 kali ini membuat Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, BTKLPP Kelas I Batam dan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang sigap berkoordinasi dalam upaya tindakan preventif terutama apabila ditemukan sampel positif dengan CT dibawah 30 dilakukan surveilans genom untuk mengetahui dan mempelajari mutasi varian baru, apakah lebih mudah menular (transmissible) atau dapat meningkatkan keparahan penyakit.

Pada kesempatan yang sama Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B., menyampaikan bahwa kegiatan ini sesuai dengan salah satu perintah harian Kepala Staf (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan.

Lebih lanjut Karumkit menuturkan, “Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang siap mendukung program pemerintah melalui KMK No. 4642/2021 dalam upaya pengentasan Covid-19, mulai dari penerapan alur pemeriksaan laboratorium, penanganan limbah dan pencatatan serta pelaporan kepada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang melalui aplikasi NAR (New All Record)”.

“Semoga dengan adanya sinergitas yang erat antara instansi ini dapat mencegah penyebaran dari subvarian baru Covid-19”, pungkas Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B. (HUMAS MDT)

(M.NUR)

Tuliskan Komentar