Berita

HUT Ke 77 TNI, Satgas Organik Yon Arhanud 3/YBY Adakan Pengobatan Gratis di Desa Wosia

0
×

HUT Ke 77 TNI, Satgas Organik Yon Arhanud 3/YBY Adakan Pengobatan Gratis di Desa Wosia

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (Halmahera Utara) – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 77 TNI, Satgas Organik Yon Arhanud 3/YBY di daerah penugasan Maluku Utara, menggelar kegiatan sosial berupa pengobatan gratis di Desa Wosia Kecamatan Tobelo Tengah Kabupaten Halmahera Utara.

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen saat dikonfirmasi melalui seluler, Sabtu (08/10/2022).

Lanjut dikatakannya, kegiatan sosial pengobatan gratis yang dilakukan oleh Satgas Organik Yon Arhanud 3/YBY dipimpin Letda Ckm dr. Emanuel Pratita selaku dokter Satgas Yon Arhanud 3/YBY sekaligus penanggung jawab gelaran pengobatan gratis tersebut.

Sementara itu, pelayanan pengobatan yang diberikan oleh Satgas dilakukan secara komunikatif dengan warga masyarakat sehingga masyarakat dapat menyampaikan keluhan-keluhan kesehatan yang dialaminya. Hal ini memudahkan petugas kesehatan mendiagnosa penyakit yang dialami guna menentukan tindakan medis yang tepat.

Di tempat terpisah, saat dikonfirmasi via telepon, Komandan Satgas Organik Yon Arhanud 3/YBY Letkol Arh Achmad Yani mengatakan, berdasarkan laporan dari Letda Ckm dr. Emanuel Pratita selaku dokter Satgas Organik Yon Arhanud 3/YBY, kebanyakan keluhan yang dimiliki masyarakat di pesisir pantai Maluku Utara menderita sakit batuk, pilek, demam dan yang berhubungan dengan gula darah yang disebabkan mayoritas masyarakat bekerja sebagai nelayan sehingga pola makan dan istirahat tidak teratur, juga kurangnya penerapan pola hidup sehat dan bersih.

“Nantinya Satgas Yon Arhanud 3/YBY juga berencana akan menjemput bola ke wilayah yang fasilitas kesehatannya kurang dan sulit dijangkau, diharapkan masyarakat tidak perlu pergi jauh untuk memeriksakan kesehatannya dengan memakan waktu yang cukup lama,” jelas Dansatgas.

Dikatakannya juga, Deby Tris Natari Kepala Desa Wosia, atas nama dirinya dan warga Wosia khususnya RT 12 menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Organik Yon Arhanud 3/YBY Kodam III/Siliwangi yang telah bersedia melaksanakan kegiatan pengobatan gratis, dirinya berharap agar kegiatan sosial ini tetap dilaksanakan bahkan jangkauannya diperluas lagi ke kampung-kampung lainnya di Desa Wosia.

Kapendam menambahkan, kegiatan pengobatan gratis yang digelar Satgas Organik Yon Arhanud 3/YBY selain dalam rangkaian peringatan HUT ke 77 TNI, juga sebagai bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat, dengan kehadiran prajurit di tengah masyarakat diharapkan masyarakat merasa bahwa TNI selalu ada.

“Kegiatan ini juga sebagai implemnentasi perintah Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo saat sebelum berangkat tugas, bahwa TNI harus berada di tengah-tengah masyarakat dan menjadikan solusi dan senantiasa memberikan yang terbaik bagi masyarakat salah satunya membantu mengatasi kesulitan yang dialaminya,” pungkasnya. (Pendam III/Siliwangi).

(M.NUR)

Tuliskan Komentar