Hipakad Tangsel Gelar Seminar Kebangsaan Guna Tingkatkan Semangat Bela Negara dan Rasa Nasionalisme Generasi Muda

Harmoninews.com (Tangerang Selatan) – Peduli Dengan Generasi Muda, Hipakad Tangsel adakan Seminar Kebangsaan Memahami Pancasila dalam Menjaga Persatuan dan kesatuan Bangsa dengan tema “Memahami Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bagi Remaja”.

Seminar digelar di Waroeng Lengkong Jl. SKKI Kel.Pondok Jagung Kec.Serpong Utara Kota Tangerang Selatan, minggu (25/2/2024)

Dasar diadakan kegiatan ini adalah karena banyaknya terjadi Tawuran antar pelajar di beberapa wilayah Tangerang Selatan, kurang nya pemahaman tentang Pancasila sebagai Pedoman dan Falsafah Kehidupan Bangsa serta minimnya Semangat Bela Negara dan rasa Nasionalisme cinta tanah air bagi Generasi Muda.

Hipakad Tangsel sebagai Organisasi KBT TNI AD dibawah Pembinaan Kodim 0506 Tangerang memiliki peran aktif dalam membantu jajaran Pemerintah Kota serta TNI AD dalam mengedukasi generasi muda tentang pentingnya pemahaman Pancasila dan Bela Negara.

Hj. Lista Hurustiati, SH.MH sebagai Dewan Penasehat Hipakad Tangsel mengatakan dalam sambutannya, bahwa kegiatan HIPAKAD Tangsel sangat bermanfaat bagi kita, khususnya generasi muda untuk mengingat adanya catatan sejarah dimana saat dulu pernah terjadi Pertempuran Lengkong.

“Pertempuran Lengkong terjadi pada tanggal 25 Januari 1946, antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan Jepang di Desa Lengkong,” jelasnya.

Dalam pertempuran ini, lanjutnya lagi, sebanyak 37 orang pejuang Indonesia gugur dalam pertempuran itu, salah satunya Mayor Daan Mogot.

“Karena itu, para anak muda dan remaja sebagai generasi penerus bangsa, sejarah ini tidak boleh dilupakan karena terjadi di wilayah Lengkong Tangerang Selatan” katanya diakhir sambutan.

Sementara itu, Dandim 0506/Tgr yang diwakili oleh Mayor Inf. Tubagus Abdul Halim Pasiter Kodim 0506/Tgr menyampaikan bahwa, sebagai anak muda generasi penerus bangsa harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Karena itu, kegiatan wawasan kebangsaan sangat relevan disampaikan kepada generasi muda karena bertujuan untuk memberi pemahaman tentang bangsa Indonesia dan dasar-dasar Nilai Pancasila dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia pada generasi muda.

“Kami sangat mengapresiasi HIPAKAD Tangsel yang sudah turun berperan aktif dalam membina anak-anak kita, adik-adik kita agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik, seperti narkoba, obat-obatan terlarang dan pergaulan bebas.” jelasnya.

Masih ditempat yang sama, Ketua Hipakad Tangerang Selatan Kang Ipan Supanda Mengapresiasi Terselenggaranya kegiatan seminar wawasan kebangsaan ini kepada semua panitia penyelenggara atas waktu, tenaga dan pikirannya serta dedikasi dan loyalitasnya untuk bersama-sama membangun dan membesarkan organisasi Hipakad Tangsel.

Untuk diketahui, kegiatan seminar ini adalah Kegiatan besar pertama yang diselenggarakan olah Hipakad Tangsel pasca pandemi Covid 19 yang melanda Tanah Air dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini. Namun kami selalu mengikuti dan hadir dalam setiap undangan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah maupun jajaran TNI AD di Wilayah Kodim 0506 Tgr.

Saya juga berterima kasih Kepada Dewan Penasehat Hipakad Tangsel Hj. Lista Hurustiati, SH.MH, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf. Endik Hendra Sandi. S.Sos, Brigade Kav 1 LA, Arhanud 1 Kostrad, Yonkav 9 Sdk Cobra, Kodiklat TNI Serta Ketua La Ode Rocky atas Support nya dalam kegiatan ini.

Hipakad Tangsel dibawah Komando Ketua Umum DPP Hipakad Hariara Tambunan, SE.MM.SH.MH adalah Organisasi yang sah dan legal karena memiliki SK Kumham yang jelas, HAKI, dan mempunyai SK dari Panglima TNI Maupun KASAD sebagai pembina utama di jajaran pusat, dan untuk diketahui, Hipakad Tangsel dibawah Komando Ipan Supanda Juga Legal dan Sah secara hukum dan terdaftar di Kesbangpol Tangsel.

“Informasi ini juga bentuk ketegasan kami dan Perlu di ketahui secara jelas oleh Pemerintah Kota maupun jajaran Kodim 0506 Tangerang Serta Kesatuan-kesatuan TNI AD di Wilayah Kota Tangerang Selatan,” tutup Ipan.

(M.NUR)

Tuliskan Komentar