Gunting Pita dan Tandatangani Prasasti, Simbol Diresmikannya Jembatan Siliwangi Kab. Sukabumi

BEDIL (Kab. Sukabumi) – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam rangkaian Touring di wilayah Kodim 0622/Kab. Sukabumi Korem 061/SK meresmikan jembatan “Siliwangi 1” di Desa Sumber Jaya Kec. Tegalbuleud Kab. Sukabumi, Jawa Barat.

“Dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti menjadi simbol diresmikannya Jembatan Siliwangi 1,” ujar Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media, Kamis (20/10/2022).

Lanjut dikatakannya, pembangunan jembatan Siliwangi 1 yang menghubungkan Kampung Sukarata dengan Kampung Kiara Sapi, merupakan salah satu sarana pendukung dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui peningkatan fasilitas infrastruktur di tengah-tengah masyarakat.

“Pembangunan jembatan Siliwangi 1 yang diresmikan oleh Pangdam III/Slw pada Rabu (19/10/2022) kemarin, dikerjakan dalam waktu kurang dari satu bulan. Jembatan yang dikerjakan sejak tanggal 24 September 2022, memiliki panjang 50 m dan lebar 1,2 m dan mampu menahan beban maksimal 5 Ton atau setara dengan 30 orang lebih,” jelasnya.

Seusai meresmikan jembatan gantung, Pangdam III/Slw bersama rombongan dan beberapa warga masyarakat, mencoba melintasi jembatan tersebut dengan menggunakan sepeda motor.

Kepada awak media, Pangdam mengatakan, jembatan Siliwangi 1 merupakan tindak lanjut dari jajaran Kodam III/Slw terhadap laporan masyarakat terkait jembatan yang terputus, juga merupakan upaya dalam membangun serta mengupgrade kembali jembatan yang sudah ada.

Pangdam menambahkan, ke depan Kodam III/Slw bersama dengan pemerintah daerah, akan mencari dan menghitung daerah mana yang menjadi prioritas dalam hal pembangunan.

Sementara itu di tempat yang sama, Yanto seorang pengguna motor “Engkreng” mengatakan bahwa, kegiatan pembangunan jembatan gantung Siliwangi 1 merupakan salah satu media untuk membangun gotong royong, membangun persatuan serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

”Kalau tidak ada jembatan ini maka, perjalanan harus memutar dan bisa menghabiskan waktu 1 hingga 2 jam. Tetapi saat ini setelah selesainya pembangunan jembatan Siliwangi 1, waktu tempuh hanya 30 menit,” ujarnya.

“Alhamdulillah sejak selesai dibangunnya jembatan Siliwangi I maka percepatan laju perekonomian mulai dirasakan dan semakin meningkat,” sambung Yanto.

Kapendam menambahkan, seusai meresmikan jembatan Siliwangi I, Pangdam III/Slw didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo menyerahkan bantuan sosial berupa paket sembako kepada warga masyarakat sekitar, selanjutnya Pangdam beserta rombongan menuju Kampung Ciparean Desa Cikarang Kec. Jampang Kulon untuk meresmikan jembatan gantung Siliwangi 2 yang menghubungkan Kampung Ciparean dengan Kampung Cirakecik. (Pendam III/Siliwangi).

(M.NUR)

Tuliskan Komentar