Berita

Gubernur Kepri Resmikan Empat Gedung di Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang

0
×

Gubernur Kepri Resmikan Empat Gedung di Rumkital dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (TNI Angkatan Laut, Tanjungpinang) – Dalam Rangka Peningkatan Fasilitas Kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Midiyato Suratani Tanjungpinang, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., didampingi Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B., meresmikan empat bangunan gedung yang berada di Rumkital dr. Midiyato Suratani Jl. Ciptadi No. 01 Tanjungpinang, Provinsi Kepri. Senin (09/01/2023)

Keempat fasilitas tersebut terdiri dari Poliklinik, Gedung Cagar Budaya, Kamar Jenazah dan Garasi Angkutan. Secara simbolis Gubernur Provinsi Kepri menandatangani prasasti dan pengguntingan pita oleh Ketua Komisi IV DPRD Kepri Ibu Dewi Kumalasari, yang sekaligus menandai peresmian penggunaan fasilitas kesehatan tersebut.

Rumkital dr. Suratani Tanjungpinang merupakan rumah sakit tingkat dua yang dimiliki TNI Angkatan Laut dan telah terakreditasi paripurna, memiliki tugas dan fungsi sebagai rumah sakit rujukan TNI, keluarga dan masyarakat di wilayah Kepulauan Riau, untuk itu Rumkital dr. Midiyato Suratani dituntut mampu memberikan layanan kesehatan terbaik dan profesional, yang tidak hanya bertumpu pada sumber daya manusia saja namun juga sarana dan prasarana penunjang kesehatan yang sangat berperan dalam menentukan mutu pelayanan kesehatan. Dan dengan diresmikannya penggunaan empat bangunan tersebut Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Midiyanto Suratani mengalami peningkatan fasilitas kesehatan pada tahun 2023.

Dalam sambutannya Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., menyampaikan bahwa eksistensi dari Tentara Nasional Indonesia di tanah air kita ini sudah tidak diragukan lagi dan sangat dirasakan oleh segenap elemen bangsa termasuk di Provinsi Kepri.

“Salah satunya dapat dilihat pada kegiatan yang kita hadiri bersama ini merupakan bentuk pengabdian dari tentara kita untuk negara dan masyarakat Indonesia, khususnya dalam bidang kesehatan. Peningkatan fasilitas di Rumkital dr. Midiyato Suratani ini sangat berarti bagi masyarakat Kepulauan Riau dalam pemenuhan sarana dan prasarana Kesehatan”, tutur H. Ansar Ahmad.

“Saat ini capaian di bidang Kesehatan Provinsi Kepri dapat dilihat dari Indeks pembangunan manusia yang indikatornya adalah kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Angka Indeks Pembangunan Manusia Kepulauan Riau mengalami peningkatan sebesar 0,67 poin, dimana pada tahun 2021 sebesar 75,79 poin dan pada tahun 2022 menjadi 76,46 poin. Untuk regional Sumatera posisi IPM Kepulauan Riau masih menduduki posisi teratas”, tambah Gubernur Kepri.

Diakhir sambutannya H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., menyampaikan harapan dengan adanya peningkatan fasilitas di Rumkital dr. Midiyato Suratani ini dapat menjadi salah satu penyokong kemajuan bidang kesehatan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Provinsi Kepri.

Pada kesempatan yang sama, Karumkital dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B., menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kepri atas dukungan moril maupun materil yang telah diberikan kepada Rumkital dr. Midiyato Suratani sehingga empat gedung fasilitas kesehatan yang ada di Rumkital dr. Midiyato Suratani dapat diresmikan penggunaanya pada hari ini.

Lebih lanjut Karumkital dr. Midiyato Suratani menceritakan sejarah panjang gedung cagar budaya yang dibangun pada tahun 1825 oleh pemerintah Belanda oleh VOC pada waktu itu yang dijadikan pusat pertahanan dari VOC, kemudian diambil alih kepemilikan oleh Sultan Ali dan dijadikan juga tempat pertahanan dengan 50 pucuk meriam di puncak bukit Tanjungpinang.

Lebih lanjut, pada tahun 1977 dengan Skep Menhankam ditetapkan menjadi Rumah Sakit Tingkat 3, dan pada tahun 1982 berubah menjadi Rumkital dr. Midiyanto Suratani, kemudian berdasarkan Skep Gubernur Kepri 314 Tahun 2020 ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan penanggulangan covid 19.

“Rumah Sakit dr. Midiyanto Suratani hadir di tengah masyarakat sebagai rumah sakit rujukan tingkat dua di Provinsi Kepri dan kami akan selalu siap memberikan pelayanan kesehatan yang optimal sesuai dengan visi, misi dan motto Rumkital dr. Midiyato Suratani yaitu bekerja secara profesional dan melayani dengan hati, hati di sini yaitu humanis, akurat, terpercaya dan inovatif”, pungkas Kolonel Laut (K) dr. Edwin M. Kamil, Sp.B.

Hadir dalam kegiatan peresmian tersebut, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., Danlantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si., Danlanudal TPI Kolonel Laut (P) Rivai, A.Md.Pi., S.H., M.H., Dan Wing Udara I Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.tr.Hanla., M.M., Ketua Komisi IV DPRD Kepri Ibu Dewi Kumalasari, Kadinkes Prov Kepri Moh. Bisri, SKM., M.Kes., Kadinkes Kota Tanjungpinang dr. Elfiani Sandri, MPH., Ka. BPJS Tanjungpinang dr. Fauzi Lukman Nurdiansyah, M.M., Ketua Ranting H Cabang 7 Gabungan Jalasenastri Mabesal Ny. Rini Edwin. (HUMAS MDT)

(M.NUR)

Tuliskan Komentar