Berita

Festival Kopi ’23, Dalam Rangka Memeriahkan HUT Pondok Kopi Ke- 41 Tahun 2023

0
×

Festival Kopi ’23, Dalam Rangka Memeriahkan HUT Pondok Kopi Ke- 41 Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
advertisements

Harmoninews.com (Jakarta) – Dalam rangka memeriahkan HUT Pondok Kopi ke 41 Thn 2023 yang mengusung tema “Pondok Kopi Bangkit, wujudkan kesejahteraan dan kreatifitas”, selaku Ketua Panitia Pelaksana HUT Pondok Kopi ke 41 Thn 2023 H. Mery Yanto, melaporkan selain Festival Kopi’23 juga akan dilaksanakan rangkaian acara lainnya sebagai berikut:

Selasa, 17 Januari 2023 akan dilaksanakan Donor Darah jam 08.00 – 12.00 bertempat di Aula Kelurahan Pondok Kopi,
Sabtu, 28 Januari 2023 Kompetisi Esports (Mobile Legends) dimana dilakukan babak Penyisihan dan Semifinal Mobile Legends bertempat di SOR RW 09 Pondok Kopi jam 08.00 – selesai serta acara puncak HUT ke-41 nantinya pada hari Minggu, 29 Januari 2023 akan dimulai terlebih dahulu dengan
Jalan Gembira (Fun Walk) sepanjang 2KM jam 06.30 dilanjutkan dengan Lomba Kreasi Nasi Uduk, Bazar Rakyat, Kesenian dari warga Pondok Kopi, dan Final Esports (Mobile Legends) yang juga masih bertempat di SOR RW 09 Pondok Kopi.

Seluruh Kegiatan acara HUT Pondok Kopi ke 41th 2023 dilaksanakan bekerja sama dan dibantu oleh Ketua RW 01 sampai dengan Ketua RW 11, LMK 01 sampai dengan LMK 11, PKK, Kader Dawis, para Ketua RT di Kelurahan Pondok Kopi, TNI-Polri, FKDM, PPSU, Karang Taruna, Warga Masyarakat di Kelurahan Pondok Kopi-Jakarta Timur serta tidak lupa kami ucapkan terima kasih banyak ke para donatur dan para sponsorship yang telah membantu demi terselenggaranya acara HUT ini.

Hari ini (Minggu, 15 Januari 2023) warga Pondok Kopi sangat antusias menghadiri Festival Kopi ’23 yang dimulai dari jam 08.00 – 12.00, rangkaian acara di Festival Kopi’23 tersebut ada Coaching Clinic Barista, Lomba Seduh Kopi, Edukasi Kopi dan Gelar Minum Kopi Gratis yang bertempat di RPTRA Arabika RW 05, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit- Jakarta Timur.

Lurah Pondok Kopi M. Hardi Ananda Suyuti S.STP, M.UAP menerangkan dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara Festival Kopi’23 kalau melihat sejarah dan juga cerita dari para tokoh masyarakat serta sesepuh yang ada. Dulu ceritanya Pondok Kopi adalah sebuah wilayah perkebunan karet dan kopi, Pondok Kopi adalah termasuk kebun kopi pertama di Jakarta khususnya Indonesia.

Sehingga orang-orang mengenal daerah tersebut yaitu Desa Kopi di dalam satu lingkup kelurahan Malaka pada waktu itu, namun seiring berjalannya waktu perkebunan kopi yang sudah ditanam oleh Gubernur VOC pada saat itu berubah menjadi pemukiman. Perkebunan Kopi di Desa Kopi (*sebutan Pondok Kopi zaman dahulu) tersebut kemudian pindah ke daerah Jawa Barat.

Para tokoh masyarakat bersepakat mengubah wilayah tersebut menjadi Desa Kopi pada tahun 1982, dan itu menjadi cikal bakal terbentuknya pertama kali RT dan juga RW 017. Itulah awal mula jadinya Kelurahan Pondok Kopi sampai dengan saat ini, dari kelurahan Malaka tahun 1986 berubah menjadi 3 (tiga) kelurahan yaitu Kelurahan Malaka Jaya, Kelurahan Malaka Sari dan juga Kelurahan Pondok Kopi berdasarkan SK Gub 1251 tanggal 29 juli 1986.

Tentunya kita sebagai warga masyarakat yang tinggal di Kelurahan Pondok Kopi wajib mengetahui sejarah dan pembentukannya. Mulai dari Desa kopi, Pondok Kopi Kelurahan Malaka sampai dengan saat ini kita tinggal di Kelurahan Pondok Kopi.

Tentunya dalam rangka memperingati dan juga mengingat sejarah Pondok Kopi, kita bersepakat bahwa tokoh agama, tokoh masyarakat, sesepuh dan lainnya bersepakat pada setiap tanggal 17 Januari diperingati sebagai hari jadi atau hari ulang tahun Pondok Kopi, bukan Kelurahan Pondok Kopi.

Sehingga setiap tahunnya, dimulai dari tahun 2013 sampai dengan saat ini pada tanggal 17 januari kita merayakan hari ulang tahun Pondok Kopi. Tentunya berkat dukungan para ketua RW, LMK, RT, para masyarakat, PKK, TNI-Polri, FKDM dan pihak-pihak lain yang berdomisili di Kelurahan Pondok Kopi bisa terealisasi setiap tahunnya HUT Pondok Kopi ini.

“Festival Kopi ini erat sekali kaitannya antara Festival Kopi dengan Kelurahan Pondok Kopi” dari itulah dibuat Festival Kopi, di tengah kondisi saat ini kita melihat anak-anak muda serta para orang tua juga tidak mau kalah untuk membangun usaha-usaha mikro kecil (UMKM) dan menengah yaitu cafe-cafe kopi.

Dulu hanya ada Starbucks dan lainnya, namun sekarang sudah banyak cafe-cafe kopi yang menjamur di Jakarta maupun khususnya Pondok Kopi. Dan terkadang kita juga mampir ke ruang yang dapat dimanfaatkan dengan sajian-sajian kopi untuk menghidupkan ekonomi kreatif, jenis kopinya pun banyak seperti Arabika, Robusta, Liberika (Exselsa) dan lainnya. Tak mau kalah nama-nama jalan di Pondok Kopi pun menggunakan jenis-jenis kopi seperti Robusta, Arabika, Kopi Selatan dan lainnya.

Harapan kedepannya RW, LMK, RT dan warga bersepakat bahwa kita setiap tahunnya akan menyelenggarakan HUT Pondok Kopi. Sehingga ini bisa menjadi event tahunan yang rutin dilaksanakan oleh baik itu Kelurahan, Kecamatan, Sudin Kebudayaan, Sudin Pariwisata dan bisa kita gabungkan serta berkolaborasi dengan para stakeholder yang ada di lingkungan pondok kopi dan juga sampai tingkat Provinsi nantinya. Jaya selalu Pondok Kopi!, menutup Sambutan dari M. Hardi Ananda Lurah Kelurahan Pondok Kopi.

Di sisi lain Bapak Hendra Kurniawan KH sebagai Penanggung Jawab Festival Kopi ’23 dan menjabat Ketua RW 05 di Kelurahan Pondok Kopi menambahkan, Festival Kopi ’23 dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Pondok Kopi Ke-41 tahun 2023. Sekaligus sebagai momentum untuk mengingatkan kembali keberadaan Pondok Kopi, yang tidak dapat dilepaskan dari perkembangan kopi di Indonesia. Sejarah ini harus terus ditanamkan kepada generasi muda kita kelak, agar mengetahui sejarah tersebut.” paparnya.

Untuk diketahui sebagai Pemenang lomba Festival Kopi’ 23 kali ini dimenangkan oleh :

1. Zalfa Nadia RT 09 RW 05
2. Rizky RT 09 RW 05
3. Ryan Rama RT 10 RW 05
4. Setiarni RW 11

(M.NUR – BTX)

Tuliskan Komentar