DPD Pemuda Tani HKTI Riau Dilantik, Ini Pesan Ketum DPP Pemuda Tani HKTI

Harmoninews.com – Bertempat di Hotel Grand Elit Kota Pekanbaru, Ketua Umum DPP Pemuda Tani HKTI Rina Saadah mengapresiasi semangat dan keinginan anak-anak muda Riau berhimpun di organisasi pemuda tani Riau untuk mengembangkan pertanian baik peningkatan produktivitas maupun UMKM Pertanian.

“Potensi wilayah Riau ini sangat besar, selain sawit ada kelapa dalam, pangan dan sebagainya. Di Indragiri Hilir misalnya ada kelapa dalam sekitar 400ribu ha dan ini sangat luar biasa kalau di maksimalkan produksi dan pemasarannya”, ungkap Rina

Menurut Rina, potensi ini, harus di komunikasikan antara DPD dan DPP Pemuda Tani termasuk bagaimana DPD Pemuda Tani Provinsi Riau menjalin sinergitas dengan stakeholder pemerintahan di Riau.

Hal ini berdampak pada inflasi yang naik, dan di Indonesia beras menjadi penyumbang inflasi tertinggi dari komoditas pangan terhadap inflasi nasional.

“Kedepan kita menghadapi tantangan global yang beragam, salah satunya sektor pangan. Situasi pangan global lagi tidak baik, selain perang Rusia Ukraina, juga perubahan iklim turut mengerek produktifitas pangan menurun. Dan ini dampaknya mulai kita rasakan di Indonesia”, ujar Rina di Hotel Grand Elit Kota Pekanbaru, Sabtu (7/1/2023).

Rina melanjutkan beras ini sangat sensitif karena menjadi konsumsi pokok masyarakat Indonesia dan teman – teman DPD Riau bisa mengambil peran dalam mendorong peningkatan luas tanam dan produktifitas beras di Riau ini.

Selain itu, Rina juga menyampaikan bahwa Riau ini bisa menjadi contoh pemberantasan perkebunan sawit-sawit ilegal. Harus ada penegakan hukum apalagi di kawasan hutan lindung dan atau hutan adat sehingga keberadaan perkebunan sawit betul di rasakan manfaatnya oleh masyarakat dan tetap menjadi lingkungan.

“Praktik yang harus di perhatikan juga adalah UMKM khususnya pertanian telah terbukti sebagai penyangga krisis. Ditengah Pandemi kemarin ekonomi kita sangat ditopang UMKM. UMKM Pertanian ini potensinya sangat besar dan ini Pemuda Tani HKTI Riau harus mengambil peran, seperti pendampingan pada kelompok usaha bersama berbasis rumah tangga (usaha mikro), kelompok usaha skala kecil dan menengah”, pungkas Rina.

Tuliskan Komentar