Berita

Direktur Keuangan TNI AD Pimpin Rabinniscab Keuangan TNI AD Tahun 2024

6
×

Direktur Keuangan TNI AD Pimpin Rabinniscab Keuangan TNI AD Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

Harmoninews.com (JAKARTA) – Direktur Keuangan TNI Angkatan Darat (Dirkuad) Brigjen TNI Andi Tjarwandi, S.E., M.M. (Dirkuad) memimpin Rapat Pembinaan Teknis Kecabangan Keuangan TNI Angkatan Darat (Rabiniscabku) TNI AD tahun 2024 yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan Keuangan Direktorat Keuangan TNI AD (Pusdikku Ditkuad) di Bandung selama dua hari (29 – 30 April 2024)


Kegiatan Rabinniscabku TNI AD TA 2024 diikuti oleh 39 orang peserta yang terdiri dari Wadirkuad, Irditkuad, Danpusdikku Ditkuad, para pejabat utama Ditkuad dan seluruh Kepala Keuangan Kotama/Balakpus serta disaksikan oleh peninjau dari staf Itjenad, Srenad dan Sopsad. Pemateri yang mengisi juga bukan hanya berasal dari internal tetapi juga ada yang berasal dari eksternal seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Ahmad Yani (FEB Unjani) dan ceramah psikologi.

Banyak materi yang dibahas selama kegiatan Rabinniscabku TNI AD TA 2024 baik dari internal maupun eksternal termasuk pembahasan yang sedang trending topic seperti fenomena hidup konsumtif dihadapkan dengan pinjaman/kredit yang disampaikan oleh OJK, rencana pembelajaran jarak jauh pada FEB Unjani. Selain itu juga dibahas tentang tugas kecabangan Keuangan dalam operasi militer untuk perang (OMP), evaluasi penyelenggaraan Binfungku dan pembahasan peningkatan SDM dan modernisasi sistem dan materiel Keuangan.

Dalam sambutannya, Dirkuad menyampaikan, Rabinniscab merupakan kegiatan pengembangan fungsi teknik militer umum baik Satpur, Satbanpur dan Satbanmin untuk mewujudkan interoperabilitas antar kecabangan guna keberhasilan pelaksanaan tugas, dalam menghadapi ancaman militer.

Sehubungan dengan hal tersebut diharapkan dari pelaksanaan Rabiniscabku ini dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk membangun kecabangan Keuangan yang profesional dan modern serta peran kecabangan Keuangan dalam operasi militer, sesuai tema Rabiniscabku tahun ini yaitu “Melalui Rabinniscabku Kita Tingkatkan Kesiapan Operasional Satuan Kecabangan Keuangan guna Mewujudkan Tugas Pokok TNI AD”.

Untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok TNI AD, Korps Keuangan harus berpegang teguh dengan motto “CKU Bersatu”. Hal tersebut merupakan jati diri insan Keuangan yang kompeten, berintegritas, religius serta amanah dalam mengemban tugas.”

Selain acara pokok, juga dilaksanakan acara tambahan seperti foto bersama seluruh peserta Rabinniscabku TNI AD TA 2024 dan acara temu korps yang dilaksanakan pada malam hari yang dihadiri oleh para peserta dan didampingi oleh para isteri. Pada acara temu Korp diisi oleh berbagai hiburan seperti tari saman dan tari tradisional lainnya oleh organik Pusdikku Ditkuad.

(M.Nur/ Dispenad)

Tuliskan Komentar