Berita

Danlanal Bintan Bekali Kepemimpinan dan Wawasan Kebangsaan Kepada Organisasi Kepemudaan di Bintan

10
×

Danlanal Bintan Bekali Kepemimpinan dan Wawasan Kebangsaan Kepada Organisasi Kepemudaan di Bintan

Sebarkan artikel ini

Harmoninews.com (TNI AL, Bintan) – Bertempat di Aula Hotel De Bintan Villa, Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., memberikan Materi Kepemimpinan dan Wawasan Kebangsaan Kepada OKP (Organisasi Kepemudaan) dan Ormas Kabupaten Bintan, Kamis (16/05/2024).

Wawasan Kebangsaan adalah pemahaman mendalam mengenai identitas, sejarah, budaya, dan nilai-nilai yang melekat dalam suatu bangsa. Hal ini melibatkan kesadaran akan persatuan, keragaman, dan tanggung jawab terhadap pembangunan negara. Memiliki wawasan kebangsaan yang kuat menjadi landasan penting dalam membangun identitas nasional yang kokoh. Dalam konteks Indonesia, wawasan kebangsaan mengacu pada pemahaman mendalam tentang sejarah perjuangan bangsa, nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, serta kesadaran akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia sebagai negara yang beragam.

Pada penyampaian tersebut, Danlanal Bintan mengingatkan kepada seluruh peserta yang menekankan bahwa kedisiplinan penting bagi kita semua yang bertujuan untuk mendukung perilaku positif, menyesuaikan diri, dan mendisiplinkan kebiasaan baik untuk meningkatkan proses menjalani kehidupan sehari-hari. Sedangkan materi wawasan kebangsaan merupakan salah satu wahana membangun cinta tanah air, menanamkan rasa memiliki bangsa dan negara demi tegak dan kokohnya NKRI.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pemuda merupakan komponen intelektual pembangunan nasional segala bidang, baik ideologi, politik, ekonomi, hukum, agama, dan budaya, diharapkan mampu menyelesaikan masalah dengan semangat persatuan dan kesatuan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tumbuh insan-insan yang mampu tampil percaya diri sehingga dapat menghadapi tantangan globalisasi yang semakin kompleks dan mampu berkiprah dalam menghadapi dunia kerja dan bermasyarakat yang baik serta bisa menjadi contoh dan diri tauldan bagi generasi berikutnya.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispora Kabupaten Bintan Alfeni Harmi, S.STP., M.H., Kabid Pemuda Muhammad Rijwan Riobara, S.STP., M.Si., Para Kasi di Bidang Kepemudaan dan Staf Kepemudaan, serta Para Peserta dari OKP. Acara diakhiri dengan foto bersama.

(M.Nur, Pen Lanal Bintan)

Tuliskan Komentar