Danlanal Bersama Prajurit Lanal Banjarmasin Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat Intan-2024”

Harmoninews.com (TNI AL, Banjarmasin) – Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., M.A.P., mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat Intan-2024” dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., bertempat di Lapangan Mapolda Kalsel, Rabu (3/4/2024).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pimpinan Apel menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka Pengamanan Mudik dan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Berdasarkan survei Kemenhub RI Tahun 2024, diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,44 dibandingkan Tahun 2023. Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Oleh sebab itu, saya mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.

Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 sampai dengan 16 April 2024. Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 Pos Pengamanan, 1.532 Pos Pelayanan, dan 480 Pos Terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan. bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal .

Selanjutnya terkait penyeberangan laut, diprediksi pengguna kapal penyeberangan mencapai 10,65 juta orang. Hindari antrean panjang saat menaiki kapal dengan menerapkan delaying system dan mendorong pembelian tiket secara online pada kantong-kantong parkir. Pastikan masyarakat mengetahui informasi terkait pelabuhan penyeberangan yang dapat digunakan sesuai jenis kendaraan.

Diakhiri amanatnya, Kapolri mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

Ditempat yang berbeda, Dandenpomal Lanal Banjarmasin Mayor Laut (PM) Saji Wardoyo didampingi Perwira Staf beserta Prajurit Lanal Banjarmasin juga mengikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Intan 2024 di Wilayah Hukum Polresta Banjarmasin dengan Pimpinan Apel Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo, S.I.K., M.H., bertempat di Lapangan Apel Polresta Banjarmasin, Jalan Ahmad Yani KM 3,5 Kebun Bunga, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Danposal Kumai Lettu Laut (PM) Santoso menghadiri Undangan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2024 dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 dengan Pimpinan Apel Kapolres Kota Waringin Barat AKBP Yusfandi Usman, S.I.K., M.I.K., bertempat di Lapangan Uji Praktek SIM Satlantas Polres Kotawaringin Barat, Jalan H.M. Rafi’i, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kota Waringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

(M.Nur, Pen Lanal Banjarmasin)

Tuliskan Komentar