Harmoninews.com (TNI AL, Banjarmasin) – Untuk melihat secara langsung perkembangan pertumbuhan tanaman Mangrove pasca penanaman serentak pada 15 Mei lalu, Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H., didampingi Unsur Forkopimda Kalimantan Selatan melaksanakan peninjauan ke lokasi penanaman mangrove di Desa Pagatan Besar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalsel, Kamis (27/7/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat secara langsung sejauh mana perkembangan pertumbuhan tanaman mangrove pasca penanaman secara nasional yang telah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo pada 15 Juli 2023 lalu pada 37 provinsi. Di wilayah Kalimantan Selatan TNI, Polri, Instansi terkait, Pelajar/Mahasiswa, Pramuka dan Masyarakat telah menanam sebanyak 8.000 pohon Mangrove dengan luas area tanam 10.000 m².

Sebelum melaksanakan peninjauan, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., melaporkan pelaksanaan kegiatan penanaman Mangrove kepada Aster Panglima TNI di Balairung Tuntung Pandang Bupati Tanah Laut. Dalam paparannya, Danlanal Banjarmasin menjelaskan hasil penanaman mangrove sampai saat ini 85% berkembang baik, 15% masih belum tumbuh normal. Perawatan Mangrove terus dilaksanakan oleh seluruh jajaran agar pohon mangrove yang telah ditanam bisa tumbuh dengan baik.

Aster Panglima TNI mengimbau jajarannya di daerah ini bersama stakeholder serta masyarakat sekitar agar memelihara bibit mangrove, serta menyampaikan bahwa tanaman mangrove memiliki banyak manfaat diantaranya untuk pelestarian alam pesisir pantai karena diakarnya menjadi habitat hidup biota laut seperti kepiting, udang dan menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir pantai, untuk buah dimanfaatkan sebagai sirup, penghasil oksigen 5 kali lebih besar dari tanaman yang lain dan menjaga pantai agar tidak abrasi.

Baca Juga  Acara Doa Bersama dan Istighosah Yang Diselenggarakan MUI Jakarta Utara dan di Hadiri oleh Kapolres Jakarta Utara

“Diharapkan penanaman mangrove yang telah dilakukan secara serentak tidak hanya sebagai kegiatan seremonial, akan tetapi supaya dirawat kelangsungan hidupnya agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik,” ujar Aster Panglima TNI.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Kehutanan Ibu Hj. Fathimatuzzahra, S.Hut., MP., Danlanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Vincentius Endy Hadi Putra, M.Han., Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., Dir Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Sri Damar Alam, S.I.K., S.H., Kasiter Korem 101/Ant Letkol Inf OO Sahrojat, S.Ag., M.Tr.(Han)., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel diwakilkan Kabid Penataan Hukum Lingkungan Ahmad Dadang Sugian Noor, S.Hut., MS., Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel Rusdi Hartono, S.Pi., MP., Bupati Tanah Laut Drs. H. Sukamta, Dandim 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto, Kejari Kabupaten Tanah Laut Teguh Imanto, S.H., M.Hum.,
Kepala Desa Pagatan Hambrani, Masyarakat Desa Pagatan Besar.

(M.Nur, Pen Lanal Banjarmasin)

Tuliskan Komentar

Bagikan:
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com